Pencarian populer

Beda Gaya Jokowi dan Prabowo Kampanye di Akhir Pekan

Jokowi naik moge ke pasar di Tangerang, Minggu (4/11/2018). (Foto: Dok. Biro Pers Setpres)

Musim kampanye Pilpres 2019 ini tak melulu soal adu gagasan, program, dan ide saja yang menarik disimak dari dua pasang capres-cawapres. Ternyata soal gaya, baik berpakaian ataupun alat transportasi yang mereka gunakan untuk bertemu relawan patut diperhatikan juga.

Misalnya saja, capres nomor urut 01, Joko Widodo yang menonjolkan sisi milenialnya dengan mengendarai sepeda motor custom Kawasaki W175 berwarna hijau beraliran tracker saat blusukan ke pasar tradisional di Pasar Anyar, Kota Tangerang, Banten, Minggu (4/11). Jokowi mulai mengendarai sepeda motor dari sekitar Jalan M.H. Thamrin, Tangerang.

Di sepanjang jalan, tak sedikit masyarakat yang antusias menyapa, Jokowi pun membalas sapaan mereka dengan melambaikan tangan dan senyum. Saat mengendarai sepeda motor, Jokowi terlihat mengenakan helm, sarung tangan, jaket warna merah, celana jeans dan sneakers.

Calon Presiden no urut 02 Prabowo Subianto menyapa warga dari atas kendaraan saat kegiatan kunjungan di Pondok Pesantren Ta'mirul Islam, Solo. (Foto: ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Tak cuma saat blusukan ke Tangerang saja Jokowi bergaya milenial. Saat hadir di acara rapat kerja nasional (Rakernas) Tim Kampanye Nasional (TKN), Jokowi juga bergaya milenial dengan memakai kaos warna cokelat dengan gambar angka 01 yang merujuk pada nomor urut Jokowi di Pilpres.

Selain itu, Jokowi juga mengenakan celana jeans dan sneakers. Bahkan, peserta Rakernas rata-rata juga mengenakan kemeja atau kaos dipadu dengan celana jeans dan sneakers.

Kesan formal dengan setelan jas, dasi, kemeja lengan panjang serta sepatu pantofel tidak terlihat pada capres nomor urut 01 dan relawannya ini. Lantas bagaimana dengan capres nomor urut 02, Prabowo Subianto?

Prabowo saat mengunjungi makam Mbak Priok di kawasan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, datang dengan baju dan celana safari warna cokelat. Prabowo juga terlihat mengenakan peci dan kacamata hitam.

Kalau Jokowi naik motor saat blusukan di Kota Tangerang, Prabowo memilih menggunakan kendaraan roda empat. Seperti ketika menyambangi makam Sunan Ampel di daerah Ampel, Surabaya, Jawa Timur.

Capres 01 Jokowi hadiri pertemuan 1.500 caleg wanita di Tangerang Selatan, Minggu (4/11/2018). (Foto: Agus Suparto)

Saat Prabowo menyambangi Pondok Pesantren Gontor di Jawa Timur, gaya berpakaian mantan Danjen Kopassus ini sedikit berbeda. Bajunya tetap safari berwarna cokelat namun dipadukan dengan celana jeans warna biru.

Capres Prabowo Subianto kunjungi Ponpes Gontor, Ponorogo, Jawa Timur, Kamis (1/11). (Foto: Dok. Tim Media Prabowo)

Tapi saat Prabowo bertemu puluhan influencer milenial di rumahnya di Jalan Kertanegara, Selasa (23/10) lalu, penampilannya lebih berubah lagi. Ada tambahan jaket jeans yang melekat di tubuhnya.

"Dahnillah (yang menyuruh pakai jaket jeans) salah satunya, Dahnil bawa produksi UKM, Pak Prabowo itu ada di depan saya. Terus 'Nil nil, gue udah 67 (tahun), mau dipakein baju apa kelihatannya tetap tua," ujar cawapres Prabowo, Sandiaga di Jalan Pulombangkeng, Jakarta Selatan, Sabtu (27/10). Dahnil yang dimaksudnya adalah Dahnil Anzar Simanjuntak

"Beliau mencoba tetap meyakinkan dan bilang 'gimana San?', 'iyalah Pak bagus sekali-kali dan mendukung UKM. Pak Prabowo bilang yaudah kita pakai," jelas Sandi.

Perubahan gaya Prabowo, menurut Sandi sebagai salah satu upaya untuk mengubah pemikiran masyarakat tentang sosok Prabowo. Sandi menilai Prabowo berusaha beradaptasi dengan perkembangan zaman.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.61