Pencarian populer

Data Pribadi dan Kartu Kredit Jutaan Penumpang Cathay Pacific Diretas

Ilustrasi enkripsi. (Foto: Thinkstock)

Maskapai penerbangan terkemuka berbasis di Hong Kong, Cathay Pacific, mengungkapkan data pribadi serta kartu kredit milik 9,4 juta penumpangnya telah dibobol hacker (diretas). Rentannya keamanan data ini telah memukul industri penerbangan global.

Data pribadi yang diretas meliputi nomor paspor, nomor kartu identitas, alamat email, serta riwayat perjalanan dan rincian data kartu kredit yang habis masa berlakunya. Tapi tak tertutup kemungkinan, ada jenis data lain yang juga dicuri.

Chief Executive Cathay Pacific, Rupert Hogg, meminta maaf atas kasus tersebut, meskipun menurutnya seperti dikutip dari BBC, sejauh ini tidak ada bukti bahwa data-data tersebut telah disalahgunakan.

"Kami sangat prihatin dan sungguh-sungguh memperhatikan kasus ini yang dapat merugikan penumpang kami," kata Rupert Hogg dalam sebuah pernyataan.

Pesawat Cathay Pacific. (Foto: Kentaro Iemoto/Wikimedia Commons)

Cathay Pacific mengaku sedang dalam proses menghubungi satu per satu penumpang yang terkena dampak kasus tersebut. "Kami bertindak cepat untuk menghentikan peristiwa itu, memulai penyelidikan menyeluruh dengan bantuan firma keamanan cyber terkemuka. Kami juga lebih memperkuat keamanan IT kami," ujar Hogg.

Kasus ini terjadi, setelah beberapa waktu lalu British Airways mengungkapkan kebocoran data dalam jumlah besar yang telah memukul pelanggannya. British Airways mengatakan, peretas berhasil menembus situs web dan aplikasinya, lalu mencuri data dari ribuan pelanggan.

Kasus serupa juga dialami Air Canada pada bulan Agustus, yang mengakibatkan hilangnya ribuan informasi pribadi pelanggannya. Pada bulan April, Delta Airlines mengatakan, rincian kartu kredit dari ribuan pelanggan terpapar setelah serangan cyber terhadap vendor mereka.

Akibat kasus terbaru ini, saham Cathay Pacific jatuh hampir 6 persen dalam perdagangan di bursa Hong Kong, Kamis (25/10).

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: