Pencarian populer

IMF Pangkas Pertumbuhan Ekonomi Global 2019

Ilustrasi IMF Foto: Reuters
Dana Moneter Internasional atau International Monetary Fund (IMF), memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi global untuk tahun 2019. Perlambatan ekonomi tahun ini, berkebalikan dengan kondisi tahun 2018 saat aktivitas ekonomi semakin cepat di hampir semua wilayah di dunia.
ADVERTISEMENT
Melalui rilis Selasa (9/4) malam yang dikutip dari laman resmi IMF, lembaga itu menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi global pada 2019 menjadi 3,3 persen. Angka itu turun 0,2 persen dari proyeksi yang dirilis IMF pada Januari 2019, sebesar 3,5 persen.
Menurut IMF, banyak hal berubah sehingga membuatnya kembali memangkas proyeksi pertumbuhan global. Seperti meningkatnya ketegangan perdagangan AS-Cina, pengetatan kredit di China, serta tekanan makroekonomi di Argentina dan Turki.
Selain itu juga terjadi pengetatan keuangan, bersamaan dengan normalisasi kebijakan moneter di negara-negara maju yang lebih besar. “Semuanya telah berkontribusi secara signifikan memperlemah ekspansi global, terutama di paruh kedua tahun 2018,” kata Ekonom IMF, Gita Gopinath.
Ilustrasi Bola Dunia Foto: Unsplash
Perlambatan pertumbuhan pada 2019 ini, meliputi 70 persen ekonomi dunia. Termasuk ekonomi utama dunia, termasuk kawasan euro, Amerika Latin, Amerika Serikat, Inggris, Kanada, dan Australia.
ADVERTISEMENT
Setelah awal yang lemah, pertumbuhan diproyeksikan akan meningkat pada paruh kedua tahun 2019. Hal ini didukung oleh akomodasi kebijakan moneter yang signifikan oleh negara-negara besar, mengingat tidak adanya tekanan inflasi.
Sementara untuk proyeksi pertumbuhan ekonomi pada 2020 terus tumbuh, IMF mematok angka 3,6 persen.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80