Pencarian populer

Jokowi Resmikan Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika di Lombok

Jokowi meresmikan operasional KEK Mandalika (Foto: Antara/Ahmad Subaidi)

Presiden Joko Widodo hari ini meresmikan operasional Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Lombok Provinsi Nusa Tenggara Barat. Adapun operasional KEK Mandalika akan difokuskan pada sektor bisnis pariwisata.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengungkapkan KEK Mandalika adalah KEK ke-4 yang sudah dioperasikan. Sebelumnya, pemerintah juga sudah mengoperasikan KEK Sei Mangke, KEK Tanjung Lesung, dan KEK Palu.

"Pagi ini Presiden akan meresmikan beroperasinya KEK Mandalika," kata Darmin di lokasi, Jumat (20/10).

Pada kesempatan tersebut, Darmin mengungkapkan pemerintah telah menetapkan berdirinya 12 KEK yang ada di seluruh Indonesia. Dari jumlah itu 8 KEK akan fokus di sektor manufaktur dan industri sedangkan 4 KEK lainnya adalah di sektor pariwisata.

"Diharapkan sampai akhir tahun akan ada KEK lagi beroperasi yaitu KEK Arun Lhokseumawe dan KEK Galang Batang di Bintan. 6 KEK lain baru akan beroperasi pada pertengahan tahun pertama 2018," paparnya.

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika (Foto: Mandalika Resort Lombok/facebook)

Dengan adanya 12 KEK tersebut mampu menarik investasi hingga Rp 221 triliun. Angka itu terus membesar hingga menjadi Rp 726 triliun di 2030.

"Dalam mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat berbagai upaya ini sangat diperlukan karena masyarakat kita sangat membutuhkan infrastruktur dan basis untuk berusaha. Pemerintah dengan bekerja sama dengan Pemda mendorong pengembangan KEK kawasan industri dan kawasan strategis pariwisata nasional," paparnya.

Dia berharap dengan adanya KEK Mandalika mampu meningkatkan perekonomian di kawasan sekitar. KEK Mandalika akan dikelola oleh salah satu perusahaan BUMN, yaitu PT Indonesia Tourism Development Corporation (Persero).

"Sehingga dengan selesai pembangunan insfrastruktur akan dorong selesainya pembangunan di daerah ini. Kami mohon kesediaan Bapak Presiden bisa secara langsung mengoperasikan KEK Mandalika," kata Darmin.

Hadir pada acara tersebut Menteri BUMN Rini Soemarno, Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M. Mansoer, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur Nusa Tenggara Barat Tuan Guru Haji Zainul Majdi, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Danpaspampres Mayjen TNI (Mar) Suhartono, dan Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Trisno Hendradi.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: