Pencarian populer

Kapan Perusahaan Banyak Buka Lowongan Kerja?

Para pencari kerja memadati arena Job Fair Dinas Tenaga Kerja (Disnaker). Foto: ANTARA FOTO/Umarul Faruq
Banyak lowongan pekerjaan yang diiklankan di media massa, internet, ataupun media sosial. Akan tetapi, perlu diketahui ada waktu tertentu dimana lowongan pekerjaan justru banyak muncul.
ADVERTISEMENT
Head of Expertise Group Finance PPM Manajemen, Yanuar Andrianto, mengatakan perusahaan biasanya banyak membuka lowongan di pertengahan tahun. Dia menjelaskan, para perekrut akan mulai mencari kandidat di bulan April hingga Juni setiap tahunnya.
"Berdasarkan catatan kami, biasanya perusahaan itu banyak buka lowongan di kuartal II atau kuartal III tiap tahun. Khususnya di bulan April hingga Juni," katanya saat dihubungi kumparan, Rabu (3/7).
Bulan-bulan tertentu ini dipilih bukan tanpa alasan. Yanuar menjelaskan, di awal tahun perusahaan biasanya baru akan menetapkan dana anggaran untuk proses rekrutmen.
Bawa berkas dan curriculum vitae saat job fair. Foto: Puti Cinintya Arie Safitri/kumparan
Sedangkan di akhir tahun, mereka akan mulai melakukan penutupan buku. Sehingga, waktu yang paling tepat untuk mencari kandidat baru di sebuah perusahaan adalah kuartal kedua setiap tahunnya.
ADVERTISEMENT
"Kecuali perusahaan yang memang sudah punya jadwal rekrutmen besar sendiri seperti posisi management trainee. Itu biasanya memang agak berbeda waktunya," tambahnya.
Namun, khusus di tahun ini, para perekrut disebut akan menggeser jadwal lowongan kerja penerimaan karyawan baru di kuartal ketiga. Hal ini mengingat adanya momen pemilihan presiden (Pilpres) yang berlangsung di bulan April.
"Ini karena ada momen Pilpres makanya bergeser proses rekrutmen. Tahun ini kebanyakan akan mulai muncul lowongan itu sejak Juni hingga Agustus nanti," tutupnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86