kumparan
4 Jun 2018 11:16 WIB

Kemendag Gelar Pasar Murah, Harga Daging Sapi Hanya Rp 77 Ribu per Kg

Suasana Bazar Murah Ramadhan di Kemendag. (Foto: Abdul Latif/kumparan)
Kementerian Perdagangan (Kemendag) menggelar Bazar Ramadhan di Kantor Kemendag, Jalan Ridwan Rais. Kegiatan serupa juga diadakan di Kantor Direktorat Standardisasi Ciracas, Jakarta Selatan.
ADVERTISEMENT
Kegiatan Bazar Ramadhan diikuti oleh puluhan pedagang dan pelaku usaha. Mereka menjual produk pangan dan sembako di bawah harga pasar. Misalnya daging sapi yang dijual dengan harga Rp 77 ribu per kg. Padahal di pasaran, harga daging sapi mencapai Rp 120 ribu per kg.
"Pada kesempatan ini kami melaporkan penyelenggaran wujud kepedulian kepada masyarakat dengan harga terjangkau. Kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahunnya menjelang Idul Fitri, pelaksanaan bazar ini di 4 titik dan sudah dilakukan di 2 titik di Jabar (Jawa Barat)," ungkap Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Tjahya Widayanti saat di Parkiran Kemendag, Jalan Ridwan Rais, Jakarta, Senin (4/6).
Bawang putih yang dijual di Bazar Ramadhan. (Foto: Abdul Latif/kumparan)
Dia mengatakan kegiatan Bazar Ramadhan di Jakarta dimulai hari ini hingga tanggal 7 Juni 2018. Sementara untuk di Bandung, kegiatan ini sudah dilakukan sejak tanggal 30 dan 31 Mei 2018 dengan total transaksi mencapai Rp 500 juta. Barang-barang yang dijual mayoritas kebutuhan pokok dan barang-barang produksi Usaha Kecil Menengah (UKM).
ADVERTISEMENT
"Ada paket sembako murah, 70% kebutuhan masyarakat seperti beras, gula pasir, cabai, daging ayam. Di sini ada 51 pelaku usaha dari 47 stand dan acara dibuka jam 09.00-14.00 siang setiap hari," imbuhnya.
Sementara itu, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menambahkan gelaran Bazar Ramadhan juga menjual paket sembako mulai dari Rp 50 ribu sampai Rp 100 ribu. Di dalamnya terdapat barang kebutuhan pokok seperti telur, gula pasir, beras, minyak, dan gula.
"Kerja sama sembako tapi jual semboko murah harga paket Rp 100 ribu dijual Rp 50 ribu, hasil penjualan diberikan pesantren," ucapnya.
Sayuran yang dijual di Bazar Ramadhan Kemendag. (Foto: Abdul Latif/kumparan)
Berikut daftar harga pangan dan sembako di Bazar Ramadhan:
Dagng sapi beku Rp 77 ribu per kg,
Daging kerbau Rp 70 ribu per kg,
ADVERTISEMENT
Telur ayam Rp 20 ribu per kg,
Daging ayam Rp 28 ribu per kg,
Bawang putih Rp 15 ribu per kg,
Bawang merah Rp 24 ribu per kg,
Cabai keriting merah Rp 5 ribu per kemasan,
Cabai rawit merah Rp 28 ribu per kg,
Tomat Rp 5 ribu per kemasan,
Wortel Rp 5 ribu per kemasan,
Jagung Rp 10 ribu per kemasan,
Gula Rp 10 ribu per kg,
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan