kumparan
20 Agu 2019 7:57 WIB

Kisah Viral Uang Jutaan Rupiah Dimakan Rayap

Uang jutaan rupiah yang dimakan rayap. Foto: Twitter/@putribuddin
Siapa sangka malam itu Putri harus kehilangan jutaan rupiah uang simpanan milik neneknya. Uniknya, uang sang nenek habis bukan karena dicuri maling, namun lenyap dimakan rayap.
ADVERTISEMENT
Kejadian ini bermula pada Sabtu 17 Agustus 2019. Saat itu, wanita dengan nama lengkap Putri Buddi ini tak sengaja membongkar lemari lamanya. Secara spontan, wanita yang tinggal di Jakarta Selatan ini dikejutkan dengan temuan lembaran-lembaran uang pecahan Rp 100.000 dan Rp 50.000 yang rusak seperti dimakan rayap.
Ternyata di dalam lemari telah banyak sarang rayap yang bersemayam.
“Tiba-tiba ada segerombolan rayap gitu. Ternyata ada dua iket uang kertas masing-masing Rp 5 juta,” katanya kepada kumparan, Senin (19/8).
Bila ditotal, uang di dalam lemari mencapai Rp 10 juta. Wanita berusia 23 tahun ini memang tak tahu menahu ada uang jutaan rupiah yang tersimpan di lemarinya. Akhirnya Putri memutar ingatannya, ternyata ia pernah memberi uang Rp 3 juta kepada sang nenek sekitar 1 tahun lalu. Namun, neneknya selalu menolak untuk menerima pemberiannya.
ADVERTISEMENT
Ia hanya berpesan kepada neneknya jika membutuhkan uang sewaktu-waktu agar mengambil di lemari tersebut. Ternyata tanpa sepengetahuannya, neneknya malah memberikan uang tambahan dan memasukkannya ke dalam amplop yang ia berikan.
Sejak saat itu, Putri tak pernah membongkar kembali uang di lemari kamarnya hingga sang nenek yang tinggal bersamanya meninggal dunia. Kebetulan dia memiliki beberapa lemari di kamarnya. “Jadi gue ada banyak lemari. Jarang banget gue buka,” ungkapnya.
“Dan gue enggak tahu kalau ditambahin. Sampai nenek gue sakit, sampai nenek gue meninggal, gue pun enggak tau kalau ada duit di sana,” katanya.
Ilustrasi uang rupiah Foto: ANTARA FOTO/ Sigid Kurniawan
Setelah itu, pemilik akun Twitter @putribuddin ini seketika memposting kondisi uang pecahan Rp 100.000 dan Rp 50.000 yang sudah hancur dimakan rayap. Dalam postingan tersebut, Putri benar-benar merasa sangat sedih dan kecewa.
ADVERTISEMENT
“Niat hati biar ga boros, simpen uang di lemari, eh malah dimakan rayap. Sedih banget sumpaaa. Kalo kaya uangnya rusak separah ini bisa dituker ke bank ga si guys? Huhu,” tulisnya melalui akun Twitter-nya yang kini telah di-retweet hingga 2.300 kali.
Warga jagat maya ramai-ramai memberikan komentar tentang kejadian nahas tersebut. Tentu saja tidak sedikit juga netizen mem-bully kejadian tersebut.
“Iya (di-bully) sempet sih. Sedih,” tuturnya.
Adapun beberapa akun resmi seperti Bank Mandiri dan Bank Indonesia memberikan masukan melalui postingannya. Pihak bank mencoba memberikan arahan untuk menukarkan sebagian jumlah uang yang rusak agar bisa ditukar baru kembali.
“Jadi kan Rp 5 juta yang buat sarang rayap itu gue buang. Terus yang gue foto di twitter Rp 5,4 juta. Terus tadi sih gue baru ke BI (Bank Indonesia) sih. Pagi- pagi ke BI yang masih layak tukar itu Rp 1,05 juta,” jelasnya.
ADVERTISEMENT
Secara pribadi Putri merupakan tipe cashless. Ia mengaku tidak pernah membawa uang cash lebih dari Rp 500 ribu di dompetnya. Ia pun juga memiliki akun seperti Gopay, Ovo dan terbiasa mengirim uang melalui transfer kepada orang-orang terdekatnya seperti orang tuanya.
Hanya saja memang neneknya tidak memiliki rekening bank. Itu sebabnya Putri memberikan uang secara cash kepada sang nenek sebelum meninggal.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·