Pencarian populer

Lion Air Janji Turunkan Harga Tiket Pesawat Pekan Depan

Pesawat Lion Air. Foto: AFP/Adek Berry
Pemerintah telah menetapkan penurunan harga tiket pesawat berbiaya murah (low cost carrier) sebesar 50 persen sejak 11 Juli 2019. Diskon tarif ini berlaku setiap Selasa, Kamis, dan Sabtu.
ADVERTISEMENT
Adapun maskapai yang berkomitmen untuk menurunkan harga tersebut adalah Citilink dan Lion Air. Namun kenyataannya, baru Citilink yang menjalankan aturan tersebut, sementara Lion Air masih menggunakan harga tiket normal.
Sekretaris Kemenko Perekonomian Susiwijono Moegiarso mengungkapkan, alasan Lion Air masih menggunakan harga normal karena sistem reservasi tiketnya yang belum siap. Menurutnya, Lion Air berjanji akan mengupayakan hal tersebut secepatnya dan mulai bisa menjalankan ketentuan pemerintah itu pada Kamis pekan depan.
"Intinya Citilink sudah mulai berlaku kemarin, sistemnya sudah mulai jalan. Nah Lion Air, mereka meminta waktu, sistem reservasi tiketnya. Mereka janji Kamis depan bisa lakukan kebijakan terbaru ini," ujar Susi di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (12/7).
Sesmenko Perekonomian Susiwijono Moegiarso (kiri) pada konferensi pers terkait tiket pesawat. Foto: Nicha Muslimawati/kumparan
Susi melanjutkan, sistem reservasi tiket Citilink saat ini terbagi dalam dua subclass, diskon dan normal. Adapun mekanisme pemesanan tiketnya masih menggunakan 'first come first serve' atau siapa cepat dia yang akan mendapatkan diskon tersebut.
ADVERTISEMENT
"Tapi nanti ke depan kita akan evaluasi juga. Karena ada saja orang yang enggak mau harga diskon, tapi karena dia pesannya cepat, maka dia dapat harga diskon, kalau sistem sekarang first come first serve. Orang yang mau diskon justru nanti enggak bisa," jelasnya.
Ke depan, untuk menghindari penyalahgunaan tiket, Citilink akan memberikan sistem khusus pada tiket dengan kode BCLN. Namun Susi menegaskan, bisa saja sistem antarmaskapai ini berbeda.
"Tapi ini sistem maskapai kan berbeda-beda, bisa saja lain di Lion dan Citilink. Tapi nanti ini akan terus kita evaluasi," tambahnya.
Penurunan harga tiket pesawat maskapai penerbangan berbiaya murah atau low cost carrier (LCC) mulai berlaku Kamis (11/7) pukul 00.01 WIB.
ADVERTISEMENT
Maskapai LCC diwajibkan menerapkan tarif 50 persen lebih murah dari Tarif Batas Atas (TBA) yang telah ditentukan pada hari Selasa, Kamis dan Sabtu untuk jadwal penerbangan pukul 10.00 sampai 14.00 waktu setempat. Namun, diskon itu hanya berlaku untuk 30 persen dari total keseluruhan kursi yang tersedia dalam satu pesawat.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.85