kumparan
31 Des 2017 9:57 WIB

Menjadi Blogger, Profesi Menjanjikan yang Datangkan Jutaan Rupiah

Ilustrasi menulis (Foto: Pixabay)
Di era teknologi seperti saat ini, banyak peluang bisnis yang bisa ditangkap dan dijadikan sumber penghasilan, salah satunya blogger, misalnya. Kegiatan yang mengandalkan domain berbayar (bahkan gratis) untuk menulis sebuah cerita atau opini, ternyata bisa menghasilkan uang hingga jutaan rupiah per bulannya.
ADVERTISEMENT
Ani Berta, misalnya. Ibu beranak satu ini aktif menjadi blogger sejak 2008 lalu. Mulanya, ia menulis hanya untuk melepas lelah kerja. Dia butuh wadah untuk menuangkan ide cerpen dan opini-opininya.
Tapi siapa sangka, hobi itu membawanya pada jaringan blogger yang kemudian memberinya penghasilan tambahan yang tak sedikit. Ani mengaku bayaran terbesar yang pernah dia terima dari satu institusi sekitar Rp 5 juta untuk satu kali acara.
"Fee terbesar ketika satu artikel dibayar Rp 5 juta. Itu per 1 hari kunjungan dan 1 artikel," katanya kepada kumparan (kumparan.com), Jumat (29/12).
Selain itu, dia juga pernah mendapatkan kontrak 3 bulan dari salah satu NGO luar negeri. Bayarannya pun tak tanggung-tanggung. Per harinya dia dibayar dalam hitungan 7 digit dalam menulis. Blog Ani sendiri adalah aniberta.com.
ADVERTISEMENT
Selain Ani, ada juga Arisman Riyardi. Blogger muda yang tinggal di Depok ini menceritakan kerap mendapatkan bayaran sebagai blogger. Mulai dari mengulas sebuah produk sampai brand campaign.
"Untuk harga, tergantung kesepakatan. Kisarannya dari Rp 300 ribu sampai Rp 1 juta per satu proyek," katanya kepada kumparan.
Blogger yang biasa dipanggil Aris ini mengaku, bayaran terbesar yang pernah dia terima dari aktivitas yang baru dimulainya sejak tahun lalu ini sekitar Rp 1,5 juta. Bayaran itu belum termasuk hadiah lomba jika dia menang.
"Ada yang waktu itu dibayar postingan blognya sekitar Rp 1 juta. Terus tulisannya dilombakan dan ternyata gue menang juara 1, hadiahnya Rp 8 juta," lanjut pemilik blog riyardiarisman.com ini.
ADVERTISEMENT
Selain Ani dan Aris, ada Agung Dwi Sandi. Blogger asal Madura yang saat ini tinggal di Bogor mengatakan sudah sejak SMP tertarik di dunia blogger. Berkat ketekunanya mengelola blog pribadinya selama 2 tahun lebih, dia mendapatkan bayaran dari Google sebesar Rp 40 juta. Jerih payah itu dia dapatkan karena memasang Google Adsense di blognya, sandznet.blogspot.co.id atau sandyznet.co.cc.
"Blogku berbuah bunga saat awal masuk SMA. Waktu itu enggak kerasa terasa saldo Google Adsense mencapai Rp 40 jutaan dan siap untuk dicairkan lewat Western Union," ujarnya bercerita.
Dia mengaku sejak beberapa tahun lalu blognya itu distop Google karena dianggap spam. Dia pun tak patah arang karena saat ini dia masih memiliki 3 blog yang jauh lebih sehat dengan total pendapatan per bulannya jutaan.
ADVERTISEMENT
"Ada satu blog yang sekarang lagi aktif-aktifnya, bisa dapat pendapatan iklan sekitar Rp 1,3 juta-4 juta," akunya.
Baik Ani, Aris, dan Sandi, mereka mengatakan bahwa kunci agar bisa menghasilkan uang dari blog adalah konsisten mengisi konten di sana. Sebab, kegiatan ini bisa menjadi profesi yang menjanjikan jika diseriusi.
"Bisa asal konsisten dan totalitas. Blogger saat ini bukan cuma menulis tapi juga campaign di media sosial. Itu sudah satu paket lengkap. Jadi harus terus memperbaiki dan memperbagus konten, foto, dan punya kartu nama untuk memudahkan perkenalanan," kata Aris.
Unsur yang tak boleh dilupakan dari sebuah konten di blog ada keterikatan emosional antara penulis dan konten yang dibuat. "Keterikatan emosional antar blogger dan pembacanya membuat brand lebih tertarik campaign produknya ke blog kita," tambah Ani.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·