Pencarian populer

Pasang Panel Surya di Atap, Tagihan Listrik Jonan Turun 80 Persen

Menteri ESDM Ignasius Jonan. (Foto: Garin Gustavian Irawan/kumparan)

Menteri ESDM Ignasius Jonan mengaku tagihan listriknya turun drastis. Biasanya dia harus merogoh kocek hingga Rp 5 juta per bulan untuk listrik, belakangan dia hanya perlu bayar sekitar Rp 1 juta per bulan. Kok bisa?

Mantan Menteri Perhubungan ini mengungkapkan, itu terjadi karena di rumahnya sudah dipasang panel surya di atap atau rooftop solar. Ini membuat biaya listrik per bulannya hemat hingga 80 persen.

“Saya sudah coba rumah saya pribadi 15,4 kilowatt peak (kWp) tagihan mungkin Rp 4 juta-5 juta menjadi mungkin enggak sampai Rp 1 juta sekarang," kata Jonan saat rapat kerja dengan Komisi VII di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (19/7).

PLTS Jakabaring Palembang (Foto: Selfy Momongan/kumparan)

Jonan menegaskan, penghematan energi itu bukan hanya diterapkan di rumah dinasnya saja. Di rumah pribadinya, dia mengaku juga sudah memasang panel surya.

“Rumah saya juga dipasang rumah pribadi, rumah jabatan juga dipasang, rumah pribadi bayar sendiri," lanjutnya.

Lebih lanjut, Jonan mengaku pihaknya mendorong pemanfaatan energi baru dan terbarukan dengan menggunakan sinar matahari ini ke rumah-rumah. Tapi, dia belum bisa memperkirakan apakah animo masyarakat sudah besar atau belum dalam menggunakan panel surya di atap rumah.

"Kita akan membuat peraturan untuk mendorong semua pelanggan listik PLN juga memesan rooftop solar panel pembangkit listrik tenaga surya. Saya enggak tahu animo sebesar apa, tapi kalau ditawarkan kepada pelanggan PLN R1-R4 dan juga golongan bisnis, mungkin bisa dalam 5-10 tahun tambah 10 ribu MW," jelasnya.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.31