Pencarian populer

Perhiasan Emas Bukan Investasi Menguntungkan dalam Jangka Pendek

Pekerja melayani konsumen perhiasan emas di salah satu pusat perbelanjaan di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (6/9). Foto: ANTARA FOTO/Risky Andrianto

Menjadikan perhiasan emas sebagai pilihan berinvestasi jangka pendek, tampaknya perlu Anda pikirkan ulang. Sebab, nilai beli dan jual emas dalam bentuk perhiasan cenderung anjlok meski belum berselang lama.

Selain itu, perhiasan emas juga tergolong dalam ragam investasi yang nilai pertumbuhannya paling lambat dibandingkan jenis investasi yang lain. Jadi, memang perlu pertimbangan matang jika ingin berinvestasi di produk tersebut.

"Ya kalau buat berhias, dandan tujuannya utamanya, ya enggak apa kalau beli emas perhiasan. Tapi kalau buat investasi, beneran tidak cocok," kata seorang pedagang emas, Jay (56), di kawasan Gold Center Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (28/2).

Jay mengatakan penggunaan emas perhiasan sebetulnya lebih diperuntukkan sebagai simpanan, namun lebih untuk aksesoris untuk berdandan. Jadi, kalau mengharapkan bisa untung, akan sulit.

"Ibaratnya, emas itu kayak tabungan. Kita bisa beli kemudian disimpan, dan langsung bisa ditukarkan lagi ke uang. Tapi memang, emas perhiasan buyback-nya kalau enggak lama ya turun," imbuh dia.

Ia lantas menyebutkan, harga emas yang Ia jual di tokonya per Jumat (28/2) ini adalah Rp 425 ribu per gram, belum termasuk ongkos tambahan pembuatan yang harganya berkisar Rp 100 ribu hingga Rp 125 ribu.

Perhiasan Emas Foto: Beawiharta/Reuters

"Nah kalau cepat udah dijual lagi, nanti bisa turun, buyback-nya sekitar Rp 400 ribu kalau perhiasan (emas),” terangnya.

Sebaliknya, pedagang lain, Fiona (35) menambahkan harga emas perhiasaan baru bisa terlihat keuntungan jika investasinya dilakukan dalam jangka panjang.

"Dulu ada customer saya yang beli 12 tahun lalu, dia belinya masih Rp 200 ribu, itu perhiasaan emas, kemarin dijual udah lebih Rp 4 juta," timpalnya.

Maka dari itu, kata dia, perlu dipahami terlebih dulu fungsinya membeli emas perhiasan. Jika untuk jangka panjang, investasi perhiasan emas bisa menjadi salah satu pilihan.

"Tak masalah kalau memang buat dipakai, tapi kalau investasi ya yang pasti naik meski harus sabar (lama) ya lebih baik batangan, ya minimal 3 tahunlah kelihatan," katanya.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.40