Pencarian populer

Pertengahan Ramadhan, Baju Koko di Tanah Abang Mulai Diburu Pembeli

Baju Koko di Pasar Tanah Abang Jelang Ramadhan, Sabtu (18/5). Foto: Nurul Nur Azizah/kumparan

Bulan ramadhan telah memasuki masa pertengahan, masyarakat pun tampaknya mulai mendatangi pusat-pusat perbelanjaan. Termasuk penjualan baju koko di kawasan Pasar Tanah Abang, Jakarta.

Salah seorang pedagang, Khairudin (25), mengatakan penjualan baju koko di tempatnya mengalami kenaikan hingga dua kali lipat.

"Saya baru sebulanan sih di sini, ini kan kawasan CTA (Central Tanah Abang) baru dibangun, tapi penjualan ini udah mulai naik 2 kali lipat ada," katanya ketika ditemui di kawasan CTA, Pasar Tanah Abang, Jakarta, Sabtu (18/5).

Khairudin memprediksi penjualan baju koko akan menuju puncaknya pada H-10 hingga seminggu jelang lebaran 2019. "Bentar lagi ini kayaknya ramai, ya kita persiapkan aja stoknya," imbuh dia.

Saat ini, dalam sehari setidaknya dia bisa menjual 100 baju koko. Ada beberapa model, seperti koko pakistan atau kurta seharga Rp 180 ribu hingga Rp 190 ribu, jubah pendek Rp 225 ribu, jubah panjang Rp 230 ribu, hingga koko model standar seharga Rp 95 ribu.

Penjual baju koko lainnya, Aldi (25), juga merasakan hal sama. Ia mengaku penjualannya bisa naik sampai dua kali lipat. Menurut dia, jika sudah memasuki akhir pekan, sebanyak 200 baju koko bisa terjual.

Baju Koko di Pasar Tanah Abang Jelang Ramadhan, Sabtu (18/5). Foto: Nurul Nur Azizah/kumparan

"Ada lah 50 persen, tapi kalau pas weekend sabtu minggu gitu biasanya naiknya dua kali lipat, yang awalnya 100 baju bisa 200-an baju," timpalnya.

Sementara itu, penjual baju koko grosiran, Abu, juga mengakui jika penjualannya sudah cukup meningkat pada pertengahan ramadhan ini. Dia yang berjualan di Blok A Pasar Tanah Abang, mengaku penjualan bisa mencapai 1.000 per hari.

"Ya naiklah karena ramadhan, awalnya sekitar ratusan kalau hari biasa, iya karena emang grosir di sini,” pungkasnya.

Adapun baju koko di tempatnya dibanderol dengan harga yang beragam tergantung jenis dan bahan. Rata-rata harganya berkisar antara 175 ribu hingga yang model jubah dengan harga Rp 245 ribu.

"Rata-rata ini emang katun oxford gitu, harganya kisaran Rp 175 ribu koko standar, pakistan Rp 180 ribuan, sampai Rp 245 ribu untuk jubah," ujarnya.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Kamis,23/05/2019
Imsak04:26
Subuh04:36
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.22