Pencarian populer

Pohon Sengon Jadi Tertuduh Penyebab Mati Listrik Massal

Ilustrasi perbaikan jaringan listrik PLN. Foto: Dok. PLN
PT PLN (Persero) akhirnya memaparkan hasil investigasi penyebab mati listrik massal yang melanda Banten, Jabodetabek, dan Jawa Barat pada Minggu (4/8). Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN, I Made Suprateka memastikan, pohon sengon yang menjadi penyebab mati listrik di separuh Pulau Jawa.
ADVERTISEMENT
“Faktanya adalah terjadi di Ungaran (Jawa Tengah), itu SUTET 500 kilovolt (kV) itu ada berdekatan dengan pohon. Nah pohon ini mencapai ketinggian 9 meter. Nah, ini menyebabkan adanya hubungan singkat itu ada kebakaran di sana namun tidak besar, kecil namun membuat jaringan rusak fatal,” jelasnya saat ditemui di Kantor PLN Pusat, Jakarta, Senin (5/8).
Made melanjutkan, informasi yang beredar mengenai adanya sabotase adalah tidak benar. “Itu yang tidak boleh. Jadi tidak ada penyebab lainnya, hacker dan sebagainya. Apalagi sabotase dan sebagainya,” tambahnya.
“Jadi ini mohon dipahami secara teknis sudah punya SOP (Standar Operasional Prosedur). Jadi mohon maaf kalau ini harus saya sampaikan supaya tidak ada pertanyaan-pertanyaan lagi simpang siur sehingga terjadi hoax ke mana-mana,” paparnya.
Pohon Sengon diduga sebabkan mati listrik massal. Foto: Istimewa
Sebelumnya, PLN hanya mengatakan bahwa ada gangguan pada turbin gas di PLTGU Cilegon Banten, serta gangguan pada transmisi SUTET 500 kV. Tapi soal penyebab gangguan pada transmisi dan pembangkit, belum ada kejelasan.
ADVERTISEMENT
Di media sosial, beredar foto dan informasi bahwa penyebab gangguan transmisi 500 kV Ungaran-Pemalang adalah sebuah pohon sengon. Diduga, transmisi tersangkut dahan-dahan pohon.
Disebutkan bahwa pohon sengon tersebut tidak boleh ditebang oleh pemiliknya dan menyenggol konduktor hingga menyebabkan ledakan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.81