kumparan
10 Jun 2019 9:58 WIB

Siap-siap, 254.173 Lowongan CPNS dan PPPK Dibuka Usai Cuti Lebaran

Sejumlah peserta mengikuti Seleksi Kompetensi (SKD) menggunakan sistem Computer Assited Tes (CAT) CPNS secara serantak. Foto: ANTARA FOTO/Adeng Bustomi
Badan Kepegawaian Negara (BKN) bakal membuka lowongan kerja untuk posisi Aparatur Sipil Negara (ASN) usai cuti lebaran, tepatnya pertengahan tahun ini.
ADVERTISEMENT
Kepala Biro Humas BKN, Mohammad Ridwan, menyampaikan kabar penerimaan ASN itu meliputi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).
“Sesuai keterangan Pak MenPANRB, penerimaan PPPK Tahap II sekitar pertengahan tahun dan penerimaan CPNS sekitar akhir tahun ini,” kata Ridwan kepada kumparan, Senin (10/6).
Meski pihaknya belum menyebut secara pasti jumlah kuota yang akan digelontorkan pada rekrutmen sekitar Juni ini, namun ia menegaskan kuota ASN pada tahun anggaran 2019 ini yaitu sebanyak 254.173 orang.
“Jumlahnya benar (254.173 orang secara total). Alokasi untuk setiap kementerian/lembaga/instansi (periode ini) sedang dihitung. Pelaksanaannya juga belum bisa disampaikan secara detail,” tegasnya.
Lantas, posisi apa saja yang dibuka untuk penerimaan ASN 2019 ini?
ADVERTISEMENT
Mengutip akun Twitter @BKNgoid (6/6), BKN mengumumkan kuota atas kebutuhan pegawai ASN pada tahun anggaran 2019. Yaitu pemerintah pusat dialokasikan sebanyak 46.425 orang, meliputi untuk PNS (pelamar umum dan sekolah kedinasan) sebanyak 23.213 orang. Sedangkan, PPPK (eks THK-II dan honorer) sebanyak 23.212 orang.
Tak hanya itu, ada pula posisi untuk pemerintah daerah yaitu 207.748 orang, meliputi PNS (pelamar umum dan sekolah kedinasan) sebanyak 62.324 orang, dan PPPK (eks THK-II dan honorer) sebanyak 145.424 orang.
“Jumlah alokasi keseluruhan 254.173 orang,” tulis akun resmi BKN itu.
Ridwan menekankan, hingga kini detail pelaksanaannya masih belum bisa disampaikan ke publik. Meski begitu, ia mengimbau agar para calon pelamar ASN bisa terus meng-update informasi detail di akun resmi BKN.
ADVERTISEMENT
“Kapan, di mana, siapa, tunggu cuti bersama berakhir,” tutupnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·