kumparan
16 Apr 2019 18:33 WIB

Bagi De Bruyne, Spurs Tetap Kuat meski Tanpa Kane

Harry Kane mesti menepi akibat cedera pergelangan kaki. Foto: Reuters/Paul Childs
Cedera yang dialami Harry Kane dianggap memuluskan jalan Manchester City untuk mengatasi Tottenham Hotspur di laga leg kedua perempat final Liga Champions, Kamis (18/4/2019). Menariknya, anggapan tersebut ditolak mentah-mentah oleh bintang City, Kevin De Bruyne.
ADVERTISEMENT
Kane mengalami cedera pada ligamen pergelangan kaki kirinya ketika Spurs mengalahkan City dengan skor 1-0 di laga leg pertama perempat final Liga Champions (10/4) lalu. Cedera tersebut kabarnya cukup parah, sampai-sampai memaksa Kane untuk menepi hingga musim ini berakhir.
Yang menjadi persoalan, kapten Timnas Inggris tersebut merupakan topskorer Spurs di semua kompetisi musim ini. Total, sudah 24 gol Kane ciptakan, lima di antaranya ia cetak di Liga Champions.
Namun, De Bruyne tetap berkeyakinan bahwa Spurs bukan tentang Kane seorang. Gelandang serang Timnas Belgia tersebut juga menambahkan bahwa pemikiran macam tadi merendahkan pemain Spurs lainnya.
Pemain Tottenham Hotspur Harry Kane alami cedera dalam leg pertama perempat final Liga Champions di Tottenham Hotspur Stadium, Rabu (10/4). Foto: REUTERS / Peter Nicholls
“Kane adalah penyerang yang luar biasa, tetapi anggapan bahwa Spurs akan menjadi lemah tanpa kehadirannya adalah anggapan yang merendahkan untuk pemain-pemain lain. Mereka menang melawan kami ketika Kane ditarik keluar dan mereka memiliki banyak pemain brilian,” ujar De Bruyne dilansir Goal International.
ADVERTISEMENT
“Spurs juga pernah memenangi banyak laga tanpa kehadiran Kane sebelumnya. Mereka tetap merupakan tim yang luar biasa tanpanya. Tentu saja, Kane adalah pemain yang gemilang. Namun, absennya Kane tak akan mengubah apa-apa.”
Seperti yang diucapkan De Bruyne, Spurs memang berhasil mengunci kemenangan di laga leg pertama setelah Kane digantikan. Son Heung-min-lah yang berhasil menjadi pencetak gol kemenangan The Lilywhites.
Berbicara tentang Son, penyerang kelahiran Chuncheon, Korea Selatan, itu memang menjadi andalan Spurs untuk mencetak gol kala Kane absen. Namun demikian, bukan berarti Son adalah pengganti Kane. Toh, posisi dan gaya bermain dua pemain ini berbeda. Benang merahnya, Son tak kalah dari Kane untuk urusan membobol gawang lawan.
Selebrasi pemain Tottenham Hotspur, Son Heung-min usai mencetak gol ke gawang Manchester City dalam leg pertama perempat final Liga Champions di Tottenham Hotspur Stadium, Rabu (10/4). Foto: Reuters / Paul Childs
ADVERTISEMENT
Son, yang saat ini tercatat sebagai topskorer kedua Spurs di semua kompetisi dengan 18 gol, terbukti mampu step-up kala Kane absen. Ketika Kane absen dalam empat laga Premier League di akhir Januari sampai pertengahan Februari lalu, Son berhasil mencetak gol dalam tiga pertandingan berturut-turut. Gol-gol pemain yang dijuluki Sonaldo itu berhasil membawa klubnya menang.
Selain Son, Spurs masih memiliki pencetak gol ulung dalam diri Lucas Moura. Penyerang sayap mungil asal Brasil ini sedang dalam form yang memukau setelah mencetak hattrick di laga terakhir Spurs, melawan Huddersfield akhir pekan lalu (13/4).
Victor Wanyama dan Lucas Moura merayakan gol ke gawang Huddersfield Foto: Reuters/Matthew Childs
Tentu saja, masih ada pemain Spurs lain yang cukup berbahaya. Para penggawa macam Fernando Llorente, Dele Alli, atau Christian Eriksen patut buat diperhitungkan. Oleh karena itu, De Bruyne merasa bahwa pertandingan leg kedua melawan Spurs akan berlangsung ketat.
ADVERTISEMENT
“Pertandingan melawan mereka akan berlangsung luar biasa, dengan atmosfer yang hebat. Kami harus menang atau kami bakal tersingkir,” ujar De Bruyne.
***
Laga leg kedua babak perempat final Liga Champions 2018/19 antara Manchester City dan Tottenham Hotspur akan digelar di Etihad Stadium pada Kamis (18/4/2019). Sepak mula akan berlangsung pada pukul 02:00 WIB.