Pencarian populer

Berkat Gol Cepat Ronaldo, Portugal Tekuk Maroko

Portugal vs Maroko (Foto: Carl Recine/Reuters)

Tim Nasional (Timnas) Portugal merebut kemenangan pertama di Piala Dunia 2018. Sang korban adalah Maroko yang takluk 0-1 saat kedua tim bersua di Stadion Luzhniki, Rabu (20/6/2018) malam WIB.

Predikat protagonis dalam laga matchday kedua Grup B ini lagi-lagi diambil oleh Cristiano Ronaldo. Dia mencetak gol tunggal pada menit keempat.

Bagi Ronaldo sendiri, lesakan ke gawang Maroko mengokohkan dirinya di daftar top scorer sementara dengan raihan 4 gol. Dia sekaligus mencetak rekor gol terbanyak untuk kategori pemain Eropa dengan sumbangan 85 gol untuk Portugal.

Untuk pertandingan ini, Fernando Santos hampir tidak melakukan perubahan di susunan starter Portugal. Hanya Bruno Fernandes yang dicadangkan demi memberikan tempat kepada Joao Mario di sayap kiri.

Di sisi lain, Maroko melakukan tiga perubahan di tim inti. Tak ada nama Roman Saiss di belakang, Amine Harit di tengah, dan Ayoub El Kaabi di depan. Mereka digantikan oleh Manuel da Costa, Nabil Dirar, dan Khalid Boutaib.

Hasilnya, Maroko terlihat lebih unggul dalam hal penciptaan peluang. Mereka melepaskan 4 percobaan tepat sasaran berbanding 2 milik Portugal.

Adalah efektivitas yang membedakan. Seperti laga melawan Spanyol, Portugal tampil efisien. Bahkan, upaya pertama Selecao das Aquinas sudah membuahkan gol pada menit ketiga, ketika Ronaldo menanduk bola umpan silang dari Joao Moutinho.

Lesakan tersebut juga mengonfirmasi efektivitas Ronaldo. Dia selalu selalu sukses mencetak gol dalam 4 percobaan tepat sasaran pertamanya di Piala Dunia 2018.

Setelahnya, Maroko sempat tampil lebih mengancam via tandukan Medhi Benatia dan tendangan kaki kanan Hakim Ziyech dalam 25 menit pertama. Portugal baru menebar bahaya via tembakan Goncalo Guedes enam menit sebelum paruh pertama rampung. Tak ada yang menghasilkan gol sehingga skor 1-0 untuk keunggulan Portugal terpampang saat jeda.

Tekanan Maroko berlanjut pada paruh kedua. Hampir saja mereka menyamakan kedudukan andai Rui Patricio tidak melakukan penyelamatan gemilang terhadap bola tandukan Younes Belhanda memasuki menit ke-57.

Portugal vs Maroko (Foto: Carl Recine/Reuters)

Kegagalan mencetak angka mendorong pelatih Maroko, Herve Renard, melakukan pergantian di lini serang. Belhanda dan Boutaib ditarik keluar untuk memberikan tempat kepada Mehdi Carcea dan El Kaabi.

Namun, lambatnya transisi dari bertahan ke menyerang menyulitkan Maroko. Kecepatan pemain-pemain depan mereka jadi kurang terakomodir.

Portugal juga coba melakukan penyegaran di sisi sayap. Pelatih Fernando Santos mengeluarkan Bernardo Silva dan Joao Mario, kemudian memasukkan Gelson Martins dan Bruno Fernandes.

Tak ada impak berarti yang diberikan para pemain pengganti kedua tim. Di akhir laga, sorotan malah tertuju kembali kepada Ronaldo. Pemain nomor tujuh ini coba mencari hadiah bola mati dengan aksi menjatuhkan diri di daerah pertahanan Maroko, tetapi wasit Mark Geiger tidak terkecoh.

Skor 1-0 pun bertahan hingga akhir. Hasil ini mengangkat Portugal naik ke puncak klasemen Grup B dengan raihan empat poin. Adapun, Maroko tertahan di dasar tabel dengan nol angka.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: