kumparan
8 Jul 2019 1:28 WIB

Bola dan Sepatu Emas, Cara Rapinoe Jawab Tantangan Trump

Gaya Rapinoe saat penyerahan trofi Piala Dunia Wanita 2019. Foto: REUTERS/Denis Balibouse
Megan Rapinoe mendapat tantangan dari Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. Di Prancis, Rapinoe menjawab tantangan itu dengan elegan.
ADVERTISEMENT
Timnas Amerika Serikat boleh saja tidak memiliki lawan di dunia sepak bola wanita. Berbagai tim yang berusaha mengadang, semuanya takluk. Namun, bukan berarti mereka tidak memiliki lawan. Diskriminasi gender dari serta komentar panas dari presiden mereka sendiri, Donald Trump, adalah seteru lain yang mesti mereka hadapi.
Trump memang menjadi orang yang kesal dengan perilaku para pemain Amerika Serikat, khususnya Rapinoe. Ia berang atas tindakan Rapinoe yang tidak mau ikut menyanyikan lagu kebangsaan The Star Spangled Banner di laga 16 besar Piala Dunia Wanita 2019 lawan Spanyol.
Alhasil, Trump pun menantang Rapinoe. Ia meminta kepada pemain berusia 33 tahun tersebut agar membuktikan kehebatannya dulu sebelum banyak bicara. Ia juga 'menantang' para pemain Timnas Putri Amerika Serikat datang ke Gedung Putih setelah Piala Dunia Wanita 2019.
ADVERTISEMENT
Rapinoe memang sudah merespons pernyataan Trump tersebut dengan mengingatkan rekan setimnya untuk tidak mengasosiasikan diri dengan Gedung Putih. Ia juga dengan tegas menyebut bahwa memprotes negara bukan berarti memusuhi negara.
"Bukan berarti kami (Amerika Serikat) sudah sempurna. Bukan berarti kami boleh berhenti berusaha. Misalnya, negara saya dibangun dengan landasan-landasan hebat, tetapi perbudakan juga menjadi salah satu landasannya," ujar Rapinoe dilansir The Guardian.
"Intinya, kita semua harus jujur dan mau mengakui bahwa hal-hal seperti itu memang ada. Dengan begitu, semoga kita semua bisa berekonsiliasi dan menjadikan negara ini lebih baik bagi semua orang," jelasnya.
Selain merespons pernyataan Trump lewat ucapannya tersebut, Rapinoe juga berhasil menjawab tantangan Trump yang ingin agar ia unjuk kebolehan, bukan cuma asal bicara. Jawaban itu ia berikan di ajang Piala Dunia Wanita 2019.
ADVERTISEMENT
Di akhir turnamen, ada dua gelar individu yang langsung digondol oleh Rapinoe: Pemain Terbaik (Bola Emas) dan Pencetak Gol Terbanyak (Sepatu Emas). Dua gelar individu berkelindan dengan gelar juara Piala Dunia Wanita 2019 yang didapat Amerika Serikat.
Selama ajang Piala Dunia Wanita 2019, Rapinoe memang tampil memikat. Kerap beroperasi sebagai penyerang sayap, ia acap menopang serangan Amerika lewat kemampuan dribel yang ia miliki. Tidak hanya itu, Rapinoe juga andal dalam mengatur rekan setimnya di atas lapangan, berbekal pengalaman yang ia miliki.
Total di ajang Piala Dunia Wanita 2019 ini, Rapinoe berhasil membukukan 6 gol. Torehan golnya ini sama dengan Alex Morgan dan Ellen White, namun, Rapinoe akhirnya berhak atas Sepatu Emas karena ia mencatatkan menit bermain lebih sedikit dibandingkan Morgan dan White. Ia juga mencatatkan 3 assist.
ADVERTISEMENT
Dengan segala capaian yang ia dapat di Piala Dunia Wanita 2019 ini, Rapinoe dapat menegakkan kepalanya ketika bertemu dengan Trump. Bukan cuma Rapinoe, seluruh penggawa Timnas Putri Amerika Serikat pun tak perlu malu saat bersua Trump, karena mereka adalah juara dunia.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan