Pencarian populer

Brasil Tanpa Neymar di Copa America 2019

Ekspresi sedih Neymar usai mendapatkan cedera di laga Brasil vs Qatar. Foto: REUTERS/Ueslei Marcelino
Apes betul nasib Neymar Jr. Sepekan menjelang bergulirnya Copa America 2019, dia dipastikan absen membela Timnas Brasil di turnamen tersebut.
ADVERTISEMENT
Kepastian datang langsung dari Federasi Sepak Bola Brasil (CBF) setelah hasil pemeriksaan terhadap kondisi Neymar. Bintang Paris Saint-Germain ini didiagnosis mengalami luka serius di bagian ligamen kaki kanannya sehingga mesti menepi lama.
Cedera tersebut menghinggapi Neymar saat Brasil melakoni laga persahabatan melawan Qatar, Kamis (6/6/2019) dini hari WIB. Dia hanya bertahan 21 menit gara-gara mendapatkan tekel keras di awal babak pertama.
"Setelah mengalami masalah di pergelangan kaki kanannya selama pertandingan melawan Qatar, hasil tes medis Neymar menunjukkan terdapat ligamen yang putus di pergelangan kakinya," bunyi pernyataan itu.
"Karena cedera yang serius ini, Neymar tidak akan memiliki kondisi fisik prima dan tak cukup waktu pemulihannya untuk berpartisipasi di Copa America. Mulai Kamis (6/6) ini, Komite Teknik Timnas Brasil akan mencari pengganti.”
ADVERTISEMENT
Begitu sempit waktu yang dimiliki pelatih Timnas Brasil, Tite, untuk mencari pengganti Neymar. Tenggatnya cuma sampai 13 Juni. Dan, hanya tersisa satu uji coba untuk menjajal nama baru yang dipanggil, yakni menghadappi Honduras pada 9 Juni.
Adapun, Timnas Brasil akan melakukan start di Grup A Copa America denga menghadapi Bolivia, 15 Juni. Masih ada pula Peru serta Venezuela sebagai pesaing di grup serupa.
Neymar terjatuh seusai menerima tekel dari pemain Qatar. Foto: REUTERS/Ueslei Marcelino
Bagi Neymar sendiri, cedera dan kegagalan mentas di Copa America 2019 seolah menjadi klimaks dari sederet kontroversi yang menerpanya belakangan ini. Beberapa hari lalu, seorang wanita bernama Najila Trindade Mendes de Souza menuduh bahwa Neymar melakukan kekerasan seksual saat keduanya bertemu di Paris, Prancis, 15 Mei lalu.
ADVERTISEMENT
"Ketika saya bertanya kepadanya, apakah dia membawa kondom? Dia menjawab tidak. Jadi saya mengatakan jangan (berhubungan badan, red). Dia tidak mendengarkan saya dan tetap melakukannya. Saya berteriak: 'Berhenti. Berhenti. Tidak! Berhenti.’ Tapi dia tidak mendengarkannya,” kata Najila saat diwawancarai SBT TV.
Lantaran kasus ini, Francisco Noveletto selaku Wakil Presiden CBF sempat membuka kemungkinan pencoretan Neymar dari daftar skuat untuk Copa America. Presiden CBF, Rogerio Caboclo, kemudian membantah dan memastikan satu tempat buat Neymar.
Garansi Caboclo pada akhirnya tak berarti. Bukan dugaan pemerkosaan, melainkan cedera yang menghalangi Neymar untuk mentas di Copa America.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.85