Pencarian populer

Copa del Rey: Tundukkan Leonesa, Barcelona Lolos ke Babak 16 Besar

Selebrasi Malcom seusai cetak gol ke gawang Inter. (Foto: Marco BERTORELLO/AFP)
Barcelona berhasil menyegel tiket ke babak 16 besar Copa del Rey 2018/9. Kepastian ini didapatkan usai mengalahkan CD Leonesa 4-1 di Camp Nou, Kamis (6/12/2018) dini hari WIB. Empat gol Barcelona dicetak oleh Munir El Haddadi (18'), Denis Suarez (26', 70), dan Malcom (44'). Sementara Leonesa hanya mampu membalasnya via Josep Sene (54').
ADVERTISEMENT
Dengan kemenangan ini, Barcelona lolos ke babak 16 besar dengan agergat 5-1, sekaligus menyusul Getafe, Atletico Madrid, Sevilla, Real Sociedad, Leganes, Espanyol, Villarreal, dan Real Valladolid, sebagai kontestan La Liga yang lebih dulu memastikan satu tempat di babak 16 besar.
Sama seperti pertemuan pertama, Ernesto Valverde kembali melakukan rotasi besar-besaran pada susunan 11 pemain awal Barcelona. Bahkan Lionel Messi dan Luis Suarez tak dimasukkan ke dalam skuatnya. Sebagai gantinya, Malcom, Munir El Haddadi, dan Denis Suarez menjadi trisula di lini serang.
Sementara di lini tengah, Ivan Rakitic ditemani oleh Oriol Busquets dan Carles Alena. Kemudian Thomas Vermaelen, Juan Brandariz 'Chumi', Nelson Semedo, dan Juan Miranda Gonzalez, menjadi kuartet lini belakang yang bertugas untuk melindungi kiper Jasper Cilessen.
ADVERTISEMENT
Keputusan Valverde kembali menurunkan pemain lapis kedua berbuah kesulitan untuk menembus pertahanan Leonesa yang menerapkan pressing hingga daerah pertahanan mereka. Dalam 10 menit pertama, hanya sepakan Rakitic yang melambung di atas mistar sebagai peluang yang dilepas Barcelona. Leonesa yang bermain sangat agresif juga mampu memberi perlawanan dan melepas percobaan mengarah gawang di menit keenam lewat sepakan Adrian Mancebo.
Kendati demikian, Barcelona tetap bermain sabar dalam membongkar pertahanan rapat Leonesa. Kesabaran mereka berbuah manis di menit 17 usai Munir membuka keunggulan Barcelona. Menerima operan Rakitic, Munir melepas tendangan ke sudut kanan atas gawang yang tak bisa dijangkau kiper Leonesa, Jorge Palatsi.
Lahirnya gol ini mempermudah Barcelona untuk menembus pertahanan Leonesa. Di menit 20, Munir bukannya tidak mungkin mencetak gol lagi jika sepakannya tidak membentur tiang gawang. Tapi, keunggulan Barcelona akhirnya bertambah di menit 26 usai Denis Suarez mencetak gol via sepakan jarak jauh.
ADVERTISEMENT
Setelah Barcelona unggul 2-0, tempo permainan mulai berjalan lebih lambat karena Leonesa tak seagresif sebelumnya. Kondisi itu dimanfaatkan Barcelona untuk menambah keunggulan lewat sundulan Malcom di menit 43 usai menerima umpan silang Rakitic. Babak pertama pun berakhir untuk keunggulan tuan rumah 3-0.
Denis Suarez melakukan selebrasi. (Foto: Reuters/Albert Gea)
Barcelona memulai babak kedua dengan memasukkan Sergio Busquets untuk menggantikan Rakitic. Sementara, Leonesa memulai interval kedua dengan meningkatkan tempo permainan karena mengejar ketertinggalan. Upaya mereka langsung berbuah hasil di menit 51 lewat gol yang dilesakkan Josep Sene.
Gol ini membuat Leonesa semakin agresif dan kembali menekan Barcelona hingga daerah pertahanannya. Peluang kembali diciptakan Leonesa di menit 65, tapi sundulan Jose Alonso Gimenez masih melambung di atas gawang.
ADVERTISEMENT
Namun, semakin terbukanya permainan Leonesa kembali memberi keuntungan buat Barcelona yang akhirnya mencetak gol keempat di menit 70 via sepakan Denis Suarez usai menerima umpan dari pemain pengganti, Riqui Puig. Lesakan Suarez tersebut menjadi gol terakhir yang tercipta di laga ini, yang membuat Barcelona keluar sebagai pemenang dengan skor 4-1.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80