kumparan
24 Apr 2019 17:32 WIB

Debut Mario Gomez Berakhir Manis, Bawa Borneo FC Jungkalkan Persib

Pemain PSS Sleman Mohammad Bagus Nirwanto (kiri) berebut bola dengan pemain Borneo FC Renan Da Silva (kedua kiri) saat babak 16 besar Laga Piala Indonesia di Stadion Maguwoharjo, Sleman, DI Yogyakarta, Rabu (20/2). Foto: ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko
Debut Mario Gomez bersama Borneo FC berakhir manis. Berhadapan dengan Persib Bandung dalam leg I babak 8 besar Piala Indonesia 2018 di Stadion Segiri, Rabu (24/4/2019), Gomez membawa Borneo FC menjungkalkan mantan klubnya itu dengan skor 2-1.
ADVERTISEMENT
Dua gol bagi Borneo FC disumbangkan oleh Matias Conti pada menit ke-40 dan Asri Akbar pada 90+2. Sedangkan, sebiji gol Persib dilesakkan oleh Ezechiel N'Douassel pada menit ke-15.
Dengan hasil itu, Borneo FC cukup bermain imbang tanpa gol pada leg kedua nanti. Sementara, Persib wajib minimal mencetak satu gol saat gantian menjamu lawan di kandang untuk bisa lolos ke fase selanjutnya.
Berstatus sebagai tim tamu nyatanya tak membuat Persib tampil inferior. Berani untuk mengambil inisiatif serangan lebih dulu, hasil konkret pun didapat Persib ketika laga menginjak menit ke-15.
Berawal dari kerja sama satu dua Kim Kurniawan dengan Ghozali Siregar, bola yang dikuasai Ghozali di sisi kiri pertahanan lawan diteruskan dengan umpan silang. Mengarah ke tengah kotak penalti, Ezechiel pun menyambutnya dengan tandukan ke pojok kanan gawang yang gagal dihentikan Nadeo Argawinata.
ADVERTISEMENT
Tertinggal satu gol membuat Borneo FC tersengat. Serangan ke jantung pertahanan Persib pun kini semakin digencarkan. Terens Puhiri tampak menjadi motor serangan dari sisi sayap kanan. Pergerakan lincah nan cepatnya kerap merepotkan pertahanan lawan.
Dan, berkat Terens pulalah Borneo FC mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-40. Umpan silang Terens ke dalam kotak penalti, diteruskan oleh Matias Conti dengan sundulan. M. Natsir yang berdiri di bawah mistar Persib pun hanya melihat laju bola yang diarahkan ke tiang jauh.
Memasuki babak kedua, Persib tampak masih enggan mengendurkan serangannya. 'Pangeran Biru' bahkan nyaris kembali unggul lewat tendangan bebas dari jarak jauh yang diambil Supardi. Tetapi, bola hasil sepakan melengkungnya masih melebar tipis di sisi kanan gawang Nadeo.
ADVERTISEMENT
Persib kembali mengancam. Kali ini lewat pergerakan individu Febri Hariyadi pada menit ke-72. Sayang, sepakannya dari sudut sempit kotak penalti lawan gagal membuahkan gol. Bola yang diarahkan ke tiang jauh masih terlalu melebar dari gawang Nadeo.
Ketika laga sepertinya akan berakhir dengan imbang, Borneo FC berhasil mencetak gol pada menit ke-90+2. Dari tendangan bebas di tepi kotak penalti, Asri Akbar menembak bola dengan kencang. Bola yang mengarah ke pojok kanan gawang pun merobek gawang Persib setelah gagal dihalau Natsir.
Gol tersebut sempat mendapat protes keras dari para pemain Persib. Mereka terlihat mengerubungi wasit di tengah lapangan. Alhasil, Supardi mendapat kartu kuning karena dianggap melancarkan protes berlebihan.
ADVERTISEMENT
Hingga akhir laga, skor tak berubah untuk kemenangan Borneo FC. Hasil itu pun menandai debut Gomez bersama 'Pesut Etam' sekaligus menyakitkan bagi Persib. Pasalnya, musim lalu Gomez dipecat dari Persib meski masih menyisakan kontrak.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan