kumparan
11 Sep 2019 20:50 WIB

Di Aji Imbut, Persija Takluk dari Persipura

Laga tunda pekan ke-11 Liga 1 antara Persipura Jayapura dan Persija Jakarta di Stadion Aji Imbut. Foto: Dok. Media Persija
Persija Jakarta harus pulang tanpa poin usai melawan Persipura Jayapura pada Rabu (11/9/2019).
ADVERTISEMENT
Melakoni laga tunda pekan ke-11 Liga 1 2019 di Stadion Aji Imbut, Kalimantan Timur, Persija kalah 0-2. Kedua gol dicetak oleh Gunansar Mandowen (66') dan Boaz Solossa (71').
Atas hasil ini, Persija masih belum keluar dari zona merah dengan menempati peringkat ke-17 berbekal 14 poin. Di sisi lain, tambahan tiga poin ini mengantarkan Persipura ke peringkat delapan dengan total 23 poin.
***
Persipura asuhan Jacksen F. Tiago setia mengedepankan 4-3-3. Pemain-pemain macam Ribeiro Dos Santos dan Israel Wamiaw masih jadi tumpuan di lini belakang.
Di posisi sentral, Ian Louis Kabes dan Oh Inkyun dipercaya untuk menyokong Boaz, Todd Rivaldo Ferre, dan Mamadou Samassa.
Situasi berbeda terjadi pada Persija. Julio Banuelos mesti mengutak-atik skuat lantaran ada empat pilar yang absen.
ADVERTISEMENT
Shahar Ginanjar kembali dipercaya mengawal gawang Persija karena Andritany Ardhiyasa dipanggil Timnas Indonesia. Duet Xandao dan Fachruddin Ariyanto diturunkan di lini pertahanan dengan diapit Dany Saputra dan Rezaldi Hehanusa.
Bergeser ke posisi tengah, Tony Sucipto dan Maman Abdurrahman diberikan tugas memutus aliran serangan. Di tepi sayap ada Riko Simanjuntak dan Sandi Darma Sute. Sebagai playmaker, Joan Tomas berperan sebagai penyuplai bola bagi Marko Simic dalam pakem 4-2-3-1.
Laga tunda pekan ke-11 Liga 1 antara Persipura Jayapura vs Persija Jakarta di Stadion Aji Imbut. Foto: Dok. Media Persija
Persija sudah menekan secara masif di awal laga. Penjaga gawang Persipura, Dede Sulaiman, sudah harus mengamankan gawang dari sepakan jarak jauh Rezaldi Hehanusa ketika laga belum berjalan lima menit.
Selepas kans Rezaldi, Persija kembali menebar ancaman via rekrutan anyar mereka, Fachruddin. Namun, sundulan sang bek tengah sukses digagalkan Israel.
ADVERTISEMENT
Persipura memang memilih bermain menunggu dan melancarkan serangan balik. Setidaknya, sistem itu diperlihatkan Persipura dalam mengantisipasi serangan Persija.
Saat laga menginjak menit ke-21, Persipura mendapat kans via kapten mereka, Boaz, via sepakan jarak jauh. Boaz kembali mendapatkan peluang lima menit berselang, tetapi masih melambung di atas mistar.
Selepas peluang Boaz, Todd jadi pemain yang paling menyita perhatian. Dalam beberapa kali kesempatan, winger Timnas U-23 ini memberikan kesulitan bagi lini belakang Persija. Meski demikian, sistem penjagaan double marking yang dilakukan Maman dan Xandao menggagalkan upaya Todd.
Lima menit jelang babak pertama usai, kerja sama Mamadou Samassa dan Todd hampir membuka keran gol Persipura. Akan tetapi, upaya tersebut belum cukup hebat untuk membongkar penjagaan Shahar.
ADVERTISEMENT
Laga tunda pekan ke-11 Liga 1 antara Persipura Jayapura vs Persija Jakarta di Stadion Aji Imbut. Foto: Dok. Media Persija
Kembali dari ruang ganti, Persipura memulai laga dengan skema berbeda. Jika pada babak pertama bermain menunggu, sejak babak kedua bergulir Persipura intens memberikan tekanan.
Hasilnya cukup membuat Persija kewalahan. Masih mengedepankan kecepatan Todd, Persipura akhirnya membuka keran gol via pemain pengganti, Gunansar.
Gol Gunansar bermula dari aksi Todd yang sukses menembus kawalan Fachruddin dan melepaskan sepakan. Meski sepakan Todd bisa diblok, Gunansar dengan sigap melepaskan tendangan dan menempatkan bola ke sudut sempit gawang Shahar.
Pada menit ke-71, Persipura kembali mencetak gol. Todd lagi-lagi menjadi aktor penting. Umpannya berubah menjadi assist karena berhasil dikonversi Boaz menjadi gol via tembakan lob.
Tertinggal dua gol, Persija jelas dalam situasi sulit. Banuelos memasukkan Bambang Pamungkas dan Ramdani Lestaluhu untuk menggantikan Sandi Sute dan Dany Saputra.
ADVERTISEMENT
Meski demikian, Persipura memilih untuk menurunkan tempo serangan. Mereka bahkan bermain lebih menunggu ketika waktu normal menyisakan 15 menit.
Taktik itu tidak berujung buntung. Persipura mampu menjaga keunggulan dan memastikan laga selesai dengan kemenangan 2-0.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·