Pencarian populer

Emery Kaget Banyak yang Meragukan Kemampuan Petr Cech

Penampilan apik Petr Cech dalam pertandingan menghadapi Everton (Foto: REUTERS/Eddie Keogh)
Awal musim ini, Arsenal melakukan perombakan besar-besaran di dalam timnya. Usai mengganti Arsene Wenger dengan Unai Emery, Arsenal juga berbenah dalam urusan skuatnya.
ADVERTISEMENT
Lini belakang menjadi faktor yang paling disorot oleh pelatih asal Spanyol itu. Maka tak heran, dua pemain berposisi sebagai bek plus satu penjaga gawang menjadi pembelian Arsenal musim ini.
Pada pos penjaga gawang, Arsenal mendatangkan Bernd Leno dari Bayer Leverkusen. Kedatangan penjaga gawang berusia 26 tahun itu semakin menambah persaingan di sektor tersebut. Kedatangan Leno jugalah yang membuat Arsenal meminjamkan David Ospina ke klub asal Italia, Napoli.
Nah, Leno awalnya diprediksi akan menjadi penjaga gawang utama Arsenal dan menggantikan peran dari Petr Cech. Namun, nasib berkata lain, paling tidak hingga pekan keenam Premier League, nama Petr Cech yang menjadi pemain inti di bawah mistar gawang Arsenal.
Dipercayainya Cech oleh Emery awalnya banyak mendapat sorotan. Selain gawang Arsenal yang selalu bobol di lima laga Premier League, Cech juga dinilai belum fasih bermain dengan gaya yang diterapkan oleh Emery.
ADVERTISEMENT
Ya, pelatih asal Spanyol itu memang doyan bermain umpan pendek dari kaki ke kaki. Hal itu dimulai dari penjaga gawang dan Emery menginginkan penjaga gawang yang mampu mengolah bola dan memberikan umpan dengan baik.
Cech tak memiliki itu dan semua terlihat dari lima laga awal Arsenal. Penjaga gawang asal Republik Ceko itu kerap salah umpan dan memberikan bahaya untuk gawangnya sendiri. Malah, Cech pernah melakukan operan yang hampir masuk ke gawangnya sendiri pada laga pembuka Premier League menghadapi Manchester City.
Perlahan, Cech mulai beradaptasi dengan gaya main Emery. Dan pada pekan keenam Premier League, Minggu (23/9/2018) malam WIB, Cech menunjukkan perkembangan yang baik.
Operan pendek Cech tak ada yang berbuah petaka. Hebatnya lagi, dirinya berhasil mencatat clean sheet, hal yang tak bisa dilakukannya dalam lima pertandingan awal Premier League musim ini.
ADVERTISEMENT
Clean sheet perdana Cech tak lepas dari penyelamatan-penyelamatan yang dilakukan oleh mantan penjaga gawang Chelsea tersebut. Total, ada enam penyelamatan yang dilakukan oleh Cech selama 90 menit pertandingan.
Tendangan bebas Lucas Digne, lalu dua sepakan Richarlison, berhasil ditepis oleh Cech. Penjaga gawang berusia 36 tahun itu juga berhasil menggagalkan peluang Dominic Calvert-Lewin dan Theo Walcott yang sudah berhadapan satu lawan satu dengannya.
Cech pun menuai pujian dan pujian paling besar dilontarkan oleh pelatihnya sendiri. "Saya sangat senang dengan penjaga gawang yang telah bekerja bersama kami, Emiliano Martinez, Bernd Leno, dan Petr Cech. Untuk Cech, dirinya memiliki pengalaman dan kualitas yang sangat baik. Dia memulai musim ini dengan baik dan dia bisa memberikan penampilan yang kami inginkan," ucap Emery dilansir situs resmi klub.
ADVERTISEMENT
"Hari ini Cech menunjukan kepada kami bahwa dia adalah penjaga gawang yang baik dan terus bekerja dengan dengan semangat yang sama setiap harinya," tambah pelatih asal Spanyol itu.
Penyelamatan gemilang dari Petr Cech. (Foto: REUTERS/Eddie Keog)
Emery pun bahagia, kepercayaan yang diberikannya kepada Cech dijawab dengan penampilan apik. Menurut Emery, Cech juga mampu membungkam kritik yang diberikan kepadanya selama ini.
"Saya sedikit kaget karena banyak pertanyaan yang terlontar kepada Cech. Pada pramusim dan juga pertandingan pertama kami, Cech bermain dengan penampilan yang sangat bagus," ujar Emery.
Well, dengan dua penjaga gawang dengan kualitas yang mumpuni saat ini, Emery harusnya tak perlu khawatir. Mantan pelatih Sevilla dan Valencia itu bisa dengan mudah melakukan rotasi di bawah mistar gawang Arsenal.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.81