Pencarian populer

Final Liga Europa: Leno atau Cech yang Akan Jaga Gawang Arsenal?

Petr Cech versus Bernd Leno. Foto: Reuters

Kiper Arsenal, Bernd Leno, menyatakan kalau ia ingin bermain di final Liga Europa melawan Chelsea. Pernyataan ini memanaskan debat menyoal siapa yang mesti menjaga gawang Arsenal di laga tersebut.

Menjelang laga final Liga Europa yang akan berlangsung Kamis (30/5/2019) dini hari WIB itu, ada perdebatan menyoal siapa yang lebih pantas: Leno atau Petr Cech?

Bagi sebagian orang, jawabannya adalah Cech. Pasalnya, kiper Republik Ceko itu merupakan pengawal gawang Arsenal sejak fase grup Liga Europa musim ini. Bisa dibilang, kiper senior itu berkontribusi besar pada lolosnya ‘Meriam London’ ke partai final.

Selain itu, final Liga Europa ini akan menjadi pertandingan terakhir Cech sebagai pesepak bola professional. Ya, Cech—yang sudah berusia 37 tahun—akan pensiun begitu musim ini berakhir.

Lalu, apa alasan mereka yang memilih Leno? Well, sederhana saja, Leno tampil lebih baik dan lebih cocok ke dalam skema Pelatih Arsenal, Unai Emery, ketimbang Cech.

Petr Cech tepis dua sepakan penalti Chelsea. Foto: Reuters/Paul Childs

Leno adalah kiper yang lebih mahir untuk mengolah bola dengan kakinya ketimbang Cech. Per caatatan WhoScored, persentase operan sukses Leno di Premier League mencapai 69,2%. Sementara, Cech hanya mampu mencatatkan persentase operan sukses sebesar 49,4% di Liga Europa. Kemampuan Leno ini krusial bagi Arsenal, yang kerap kali membangun serangan dari lini belakang.

Selain itu, rumor kesepakatan Cech dengan Chelsea juga membuat sebagian suporter Arsenal kehilangan kepercayaan terhadap kiper senior ini. Cech, menurut laporan Sky Sports, akan dilantik menjadi direktur olahraga Chelsea seusai ikatan kontraknya dengan Arsenal berakhir.

Kesepakatan ini dinilai akan membuyarkan fokus Cech. Tak hanya itu, ia memang memiliki ikatan yang erat dengan Chelsea. Maklum, masa kejayaannya hadir bersama Chelsea. The Blues sendiri meraih beragam trofi saat Cech masih menjadi kiper utama mereka.

Kiper terbaru Arsenal, Bernd Leno. Foto: Reuters/John Sibley

Cech telah menyatakan kalau fokusnya saat ini 100% untuk Arsenal. Namun, gaung yang disuarakan suporter Arsenal agar Leno dimainkan pada laga melawan Chelsea semakin kencang akibat rumor kedekatan Cech dengan Chelsea itu. Bahkan, kiper legendaris Arsenal, David Seaman, terang-terangan mendukung Leno.

Pada akhirnya, Leno buka suara mengenai permasalahan ini. Mantan kiper Bayer Leverkusen itu menyatakan bahwa ia memiliki hubungan yang baik dengan Cech. Namun, sebagai pesepak bola professional, ia mengaku bahwa bermain di partai final sebuah kompetisi besar adalah impiannya.

“Saya sangat respek terhadap Cech dan kami memiliki hubungan baik. Ia layak mendapatkan kredit atas apa yang telah ia capai. Namun, saya adalah seorang atlet. Saya selalu ingin bermain, terutama di partai final. Memenangi Liga Europa adalah sesuatu yang besar bagi saya,” kata Leno, dikutip dari Goal International.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.61