kumparan
26 Okt 2018 18:01 WIB

Fokus ke Persib, Glenn Sugita Ajukan Pengunduran Diri dari PT LIB

Glenn Sugita, Direktur PT Persib Bandung Bermartabat saat ditemui kumparan, Senin (1/10). (Foto: Cornelius Bintang/kumparan)
Sempat bertebaran hashtag #GlennOutLIB demi menuntut Glenn Sugita mundur dari PT Liga Indonesia Baru (LIB) pada awal Oktober 2018 lalu. Cukup ramai sampai menjadi trending topic Twitter di Indonesia.
ADVERTISEMENT
Suara tersebut diyakini merupakan wujud kekecewaan pendukung Persib Bandung alias Bobotoh. Pasalnya, Persib diganjar hukuman cukup berat oleh Komisi Disiplin (Komdis) seiring kematian Haringga Sirla, yakni laga tanpa penonton di luar Bandung selama satu tahun.
Semakin berat perjalanan Persib di Liga 1 2018 lantaran sejumlah pemain kunci terkena skors. Di antaranya Patrich Wanggai, Bojan Malisic, Jonathan Bauman, Ezechiel N'Douassel.
Setelah beberapa pekan bungkam, Glenn akhirnya buka suara. Sosok yang menjabat sebagai Direktur Utama PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) ini mengikuti keinginan sebagian besar Bobotoh dengan angkat kaki dari PT LIB.
"Saya telah memasukkan surat pengunduran diri saya sebagai Komisaris PT LIB pada tanggal 2 Oktober 2018 yang lalu, sehingga dapat lebih berkonsentrasi dan berkontribusi di Persib," tulis Glenn di akun Twitter pribadinya, Jumat (26/10).
ADVERTISEMENT
Para pemain Persib Bandung merayakan gol. (Foto: Dok. Media Persib)
Memang belum dipastikan Glenn menanggalkan jabatannya di LIB. Menurut sumber yang didapatkan kumparanBOLA, kepastiannya masih menunggu Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).
Satu yang pasti, Glenn merasa kecewa dengan hukuman yang diterima Persib. Alasannya, kematian Haringga berada di luar wilayah tanggung jawab panitia pelaksana pertandingan Persib.
"Menurut kabar, rekomendasi Tim Pencari Fakta kepada Komisi Disiplin tidak bulat. Ada rekomendasi pengurangan poin sampai degradasi, tetapi ada yang yakin Persib tidak bersalah karena terjadi 100 meter di luar arena dan semua pelaku tidak memegang tiket," kata Glenn.
Glenn Sugita, Direktur PT Persib Bandung Bermartabat saat ditemui kumparan, Senin (1/10). (Foto: Cornelius Bintang/kumparan)
Lalu, Glenn juga mengomentari tentang betapa pincangnya Persib karena kehilangan sejumlah pemain kunci. Sudah empat laga dilakoni 'Maung Bandung' setelah keputusan Komdis. Hasilnya, mereka menelan 3 kekalahan dan 1 imbang sehingga turun dari puncak klasemen.
ADVERTISEMENT
Kepada Bobotoh, Glenn pun meminta kesabaran. Pasalnya, sebagai perwakilan dari PT PBB, dia sudah mengupayakan pengurangan hukuman untuk para pemain kunci Persib.
"Berkas nota banding kami sangat serius dan tebal. Kami siapkan bahan-bahan pertimbangan sebelum Komisi Banding bersidang dan mengeluarkan keputusan," tulis Glenn.
"Saya, Teddy Tjahjono, Kuswara S. Taryono mewakili Persib datang atas undangan Komding untuk memberikan penjelasan pada 22 Oktober 2018 dan bertemu beberapa pemain, salah satunya Ezechiel," katanya menambahkan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan