kumparan
19 Sep 2019 17:34 WIB

Gol Tunggal Melvin Platje Menangkan Bali United atas Persija

Pemain-pemain Bali United merayakan gol. Foto: FOTO/Andreas Fitri Atmoko/aww.
Bali United sukses memberikan duka bagi Persija Jakarta dalam lanjutan pekan ke-19 Liga 1 2019 pada Kamis (19/9). Di Stadion Patriot Candrabhaga, Serdadu Tridatu menang 1-0 via gol Melvin Platje (73').
ADVERTISEMENT
Atas hasil ini, Bali United kian kokoh di puncak klasemen dengan raihan 44 poin. Sementara, Persija ada di peringkat 17 dengan koleksi 17 poin.
Persija asuhan Julio Banuelos nyaris menurunkan 11 pemain awal yang sama tatkala menghadapi PSIS Semarang pekan sebelumnya. Mulai dari Andritany Ardhiyasa yang menghuni pos penjaga gawang, duet Fachruddin Aryanto dan Xandao di jantung pertahanan, Rohit Chand, Riko Simanjuntak serta Tony Sucipto di lini tengah dan Marko Simic sebagai juru gedor.
Stefano Cugurra alias Teco juga setali tiga uang. Lewat wadah 4-3-3, pemain-pemain macam Wawan Hendrawan, Wilian Pachecho, Stefano Lilipaly hingga Illija Spasojevic masuk ke dalam daftar susunan pemain.
Persija butuh poin penuh guna mendongkrak perolehan posisi mereka di klasemen. Akan tetapi, menengok jalannya babak pertama, Persija justru kesulitan.
ADVERTISEMENT
Bali United sejatinya tak mengedepankan gegenpressing ataupun menguasai jalannya aliran bola. Mereka cenderung bermain menunggu dan memanfaatkan serangan balik.
Skema itu boleh dibilang kurang efektif. Sebab, dua pemain tepi sayap mereka, Yabes dan Lilipaly, justru gagal melewati kawalan Novri dan Rezaldi.
Sepanjang 45 menit jalannya laga, hanya tiga upaya tembakan yang mengarah ke gawang. Rinciannya: dua bagi Bali United dan satu bagi Persija.
Bali United jadi yang pertama mengancam gawang Andritany via sepakan Fadhil. Bekerja sama dengan Yabes, kapten Bali United itu melepaskan sepakan jarak dekat. Namun, di titik itu, Andritany melakukan penyelamatan penting.
Persija bisa dibilang terlambat panas. Dalam rentan 10 menit, mereka memilih untuk mengedepankan umpan-umpan pendek. Sayangnya, sistem ini dilakukan di wilayah sendiri dan tentu saja tak berimpak banyak bagi Bali United.
ADVERTISEMENT
Memasuki menit ke-19, tanpa tedeng aling-aling Tony Sucipto melepaskan spekulasi sepakan jarak jauh. Jika ia memilih bersabar, ada dua rekannya yang menanti untuk bisa diumpan.
Upaya Tony mendapat sambutan tepuk tangan dari Banuelos. Dari tepi lapangan, sosok asal Spanyol itu seketika memberikan apresiasi.
Berjarak 17 menit setelah peluang Tony, Bali United kembali mendapatkan kans. Kali ini Sergio sukses melepaskan sepakan jarak jauh. Lagi-lagi, Andritany sukses menjadi penyelamat timnya dari kebobolan.
Kembali dari ruang ganti, Bali United terlebih dahulu memberikan tekanan. Paling nyata saat usia pertandingan berjalan pada menit ke-60. Yabes menuntaskan kerja samanya dengan Spasojevic, dan Lilipaly dengan sepakan jarak dekat. Akan tetapi, upaya Yabes masih mentah oleh Andritany.
ADVERTISEMENT
Selepas peluang Yabes, Bali United kian gencar menekan pertahanan Persija. Hasilnya, bermula dari aksi Sergio di kotak penalti, kemelut tercipta di depan gawang Andritany pada menit 73.
Pada situasi ini, Melvin Platje yang masuk menggantikan Spasojevic sukses mencatatkan namanya di papan skor usai menerima umpan jarak dekat Lilipaly.
Andritany tampak sukses mengamankan bola. Namun itu cuma pemandangan sekelebat. Menengok tayangan ulang televisi, bola sepakan Platje sudah masuk ke gawang karena sang penjaga gawang menepis bola di dalam gawang sendiri.
Tertinggal satu gol, Persija sesegera mungkin berupaya menyamakan kedudukan. Namun, mereka justru acap gagal membangun serangan dari area sayap.
Pun dengan lini kedua. Meski sudah memasukkan Ramdani Lestaluhu dan Sandi Sute untuk menggantikan Feby Eka dan Rohit Chand, serangan tak efektif. Penyebabnya Simic tak mendapatkan suplai dari lini tersebut.
ADVERTISEMENT
Sepuluh menit jelang bubaran, sistem serangan Persija kian tak beraturan. Dalam beberapa kali kesempatan, kesalahan krusial, seperti salah umpan, kerap terjadi. Ya, sudah. Laga pun tuntas dengan kemenangan 1-0 untuk Bali United.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan