Pencarian populer

Ingin Lebih Fokus, Timnas Indonesia Berlatih Tertutup Selama 60 Menit

Pelatih Indonesia, Bima Sakti, saat sesi latihan Timnas Indonesia jelang hadapi Filipina di Stadion Madya, Senayan, Jakarta Pusat. (Foto: Alan Kusuma/kumparan)

Timnas Indonesia terus mematangkan persiapan jelang laga pamungkas Grup B Piala AFF 2018 menghadapi Filipina. Pada Rabu (21/11/2018) pagi WIB, sebanyak 23 pemain melahap tiga menu latihan di Stadion Madya, Senayan, Jakarta Pusat.

Mengawali latihan, para pemain dibagi menjadi tiga kelompok untuk terlebih dahulu digenjot latihan fisik. Di sesi ini, asisten pelatih Kartono Pramdhan dan Edi Syahputra terlebih dahulu mendampingi Hansamu Yama dan kolega berlatih. Sementara, pelatih Bima Sakti terlihat berbincang dengan para asisten pelatihnya yakni Kurnia Sandy dan Kurniawan Dwi Yulianto.

Selepas menu pertama selesai selama 15 menit, kumparanBOLA yang turut hadir di lokasi beserta para pewarta lainnya harus menepi selama 45 menit lantaran permintaan staf kepelatihan untuk menggelar latihan tertutup.

Timnas Indonesia menggelar sesi latihan jelang hadapi Filipina di Stadion Madya, Senayan. (Foto: Alan Kusuma/kumparan)

Praktik ini bukan kali pertama diterapkan Bima dan staf pelatih Timnas Indonesia karena sehari sebelum menghadapi Timor Leste pada Selasa (13/11) lalu, skuat 'Garuda' juga menggelar latihan tertutup. Bima pun memberlakukan aturan tersebut bukan tanpa sebab.

''Tidak tertutup, kami 'kan beri waktu 15 menit sebelum latihan. Ya 'kan? Setelah itu, kami butuh konsentrasi. Saya pikir itu dari zaman Coach Luis Milla, kami sudah sering sampaikan. Karena kami harus mengatur (tim),'' ujar Bima.

Sesi latihan Timnas Indonesia jelang hadapi Filipina di Stadion Madya, Senayan, Jakarta Pusat. (Foto: Alan Kusuma/kumparan)

''Tim-tim luar saja langsung (latihan tanpa 15 menit awal diliput media), dan lebih fokus. Karena kalau ada kamera di samping atau yang lainnya, akan berpengaruh ke materi latihan. Kami sama-sama respek dan saling membantu. Setelah itu, silahkan,'' kata Bima melanjutkan.

Nah, di latihan tertutup yang berlangsung selama hampir satu jam ini, ada tiga fokus utama yang diberikan Bima. Selain materi latihan, Bima juga memantau kondisi pemain, terutama, Andik Vermansah.

Sesi latihan Timnas Indonesia jelang hadapi Filipina di Stadion Madya, Senayan, Jakarta Pusat. (Foto: Alan Kusuma/kumparan)

Diketahui bahwa Andik tengah dalam masa pemulihan pascacedera tangan yang dialaminya saat melakoni laga ketiga grup saat bersua Thailand pada Sabtu (17/11) lalu.

''Kami tadi latihan small side game, kemudian transisi dari menyerang ke bertahan. Lalu ada penyelesaian akhir sedikit tadi, karena kami juga akan konsentrasi bagaimana penyelesaian akhir,'' kata Bima.

Sesi latihan Timnas Indonesia jelang hadapi Filipina di Stadion Madya, Senayan, Jakarta Pusat. (Foto: Alan Kusuma/kumparan)

''Kondisi semua bagus, Andik juga tidak ada masalah dengan tangannya. Kemarin juga sudah diperiksa dokter, ternyata tidak ada masalah,'' ucap Bima.

Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Minggu (25/11) pukul 19:00 WIB. Akan tetapi, nasib skuat 'Merah-Putih' untuk melaju ke semifinal dipastikan bakal tertutup jika Filipina vs Thailand pada Rabu (21/11) ini berakhir dengan imbang.

Saat ini, Timnas Indonesia menempati posisi keempat klasemen dengan bekal tiga poin. Sementara, Thailand berada di puncak klasemen dengan torehan enam angka, disusul Filipina di bawahnya dengan hanya kalah selisih gol.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.31