kumparan
11 Des 2018 13:44 WIB

Kabar Baik untuk Spurs: Barcelona Terancam Tanpa Messi-Suarez

Messi dan Suarez merayakan gol untuk Barcelona. (Foto: Ander Gillenea / AFP)
Tak ada lagi kepentingan buat Barcelona ketika melakoni partai pamungkas fase grup Liga Champions melawan Tottenham Hotspur, Rabu (12/12/2018) dini hari WIB. Apa pun hasil laga di Stadion Camp Nou nanti, La Blaugrana sudah pasti lolos ke babak 16 besar dengan status juara grup.
ADVERTISEMENT
Dengan kondisi itu, pelatih Ernesto Valverde pun berencana mencadangkan para pemain kuncinya. Sebuah plan logis mengingat jadwal Barcelona di La Liga cukup padat. Mereka baru saja melakoni partai derbi melawan Espanyol, Minggu (9/12), dan kembali mengarungi ajang serupa dengan menghadapi Levante, Senin (17/12).
Nah, rotasi nanti sangat mungkin memaksa Luis Suarez dan Lionel Messi bertahan di bangku cadangan, meskipun disiapkan masuk skuat untuk laga kontra Spurs. Alasannya, kedua pemain masih dalam kondisi riskan setelah pulih dari cedera.
"Tentu saja akan ada perubahan. Pemain membutuhkan istirahat setelah pertandingan berat pada Sabtu. Jadi, saya akan menyimpan beberapa di antara mereka, sementara Spurs mungkin akan datang membawa para pemain terbaik," ucap Valverde seperti dikutip dari AS.
ADVERTISEMENT
"Saya tak tahu apakah bisa menurunkan Messi untuk kali kedua dalam tiga hari, setelah dia sempat absen lama. Yang pasti, Luis Suarez tidak akan bermain," kata Valverde.
Apabila benar Messi dan Suarez tak tampil, ketajaman Barcelona tentu bakal tergerus. Sebab, mereka adalah sumber gol utama tim musim ini. Messi merangkum 17 gol dari 17 laga, sementara Messi mencetak 10 gol dari 19 partai.
Valverde di laga vs Valencia. (Foto: Reuters/Albert Gea)
Kehilangan buat Barcelona justru menjadi kabar baik untuk Spurs. Terlebih lagi, pasukan Mauricio Pochettino perlu mengamankan tripoin demi lolos ke babak 16 besar. Saat ini, Spurs memang masih bertahan di posisi kedua dengan raihan 7 poin. Namun, mereka belum aman karena cuma unggul head-to-head atas Inter Milan, yang akan melakoni laga mudah kontra PSV Eindhoven pada matchday pamungkas.
ADVERTISEMENT
Meski menerapkan rotasi, Valverde tetap memberikan angin segar kepada Inter. Barcelona disebut akan tampil total dan berupaya merebut kemenangan.
"Terpenting, pemain yang keluar dari ruang ganti memiliki motivasi tinggi. Karena kami akan menghadapi tim yang berani mempertaruhkan segalanya. Saya pun memiliki keyakinan bahwa pemain akan mengerahkan kemampuan terbaik untuk merebut kemenangan," ucap Valverde.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan