Pencarian populer

Lawan Kroasia di Semifinal, Inggris Disokong 10 Ribu Suporter

Suporter Inggris (Foto: Reuters/Simon Dawson)

Antusiasme suporter Tim Nasional (Timnas) Inggris melonjak seiring keberhasilan The Three Lions itu melaju ke semifinal. Mereka tinggal beberapa langkah lagi menuju gelar juara Piala Dunia 2018 .

Seisi Negeri Ratu Elizabeth dipenuhi sorakan yel-yel 'It's coming home' jelang penampilan Inggris di semifinal, Kamis (12/7/2018) dini hari WIB, melawan Kroasia. Tak ada salahnya euforia dirasakan dini oleh fans.

Pasalnya, menginjakkan kaki di babak empat besar saja sudah menjadi rekor tersendiri bagi Harry Kane dan kawan-kawan. Diwakili mereka, Inggris berhasil ke semifinal untuk pertama kalinya sejak 1990. Maka, seluruh Inggris semringah menyambut (kemungkinan) kembalinya gelar juara ke tangan mereka.

Saking antusiasnya saat Inggris menundukkan Swedia, Sabtu (7/7) dan dipastikan ke semifinal, terdapat 387 insiden yang berkaitan dengan sepak bola, 70 orang yang terlibat di antaranya pun ditangkap.

Dikutip dari The Guardian, Selasa (10/7), sebagian besar dari insiden itu muncul karena suporter di bawah pengaruh alkohol begitu senang dengan kemenangan 2-0 atas Swedia.

Beberapa laporan yang masuk menunjukkan insiden terjadi di London Bridge; ratusan orang menutup jalanan Leicestershire; kerusuhan di atap bus di Southampton; serta insiden lain di Nottingham, Bridlington, Hull, dan Cleethorpes.

Suporter Inggris (Foto: Reuters/Tatyana Makeyeva)

Ya, Inggris sudah berpesta meski baru menjajaki semifinal. Seluruh pelosok Inggris pun kembali hidup dengan sepak bola. Yang pasti, kepolisian setempat menjamin pengawasan di setiap kota akan lebih ketat dari sebelumnya.

Nah, selain di negara asalnya, suporter The Three Lions juga bakal menyemut di Luzhniki Stadium, Moskow. Masih dilansir The Guardian, sekitar 10 ribu fans diprediksi akan hadir mendukung penampilan skuat besutan Gareth Southgate itu.

Sejauh ini, pertandingan Inggris sendiri dihadiri sekitar 2 ribu hingga 5 ribu penonton, jumlah terbilang kecil yang dipengaruhi faktor banyaknya anggapan warga Inggris yang takut dengan kekerasan di Rusia.

Kini, ketakutan itu menguap. Semua warga berpaspor Inggris seakan ingin menjadi bagian dari sejarah begitu timnya lolos ke final. Harga tiket kisaran 350 pounds (sekitar Rp 6 juta) hingga termahal 11 ribu pounds (sekitar Rp 209 juta) pun bukan penghalang bagi suporter untuk datang ke Rusia.

Berandai-andai jika lolos ke partai pamungkas, Inggris sendiri sudah ditunggu pemenang dari laga Prancis kontra Belgia yang lebih dulu digelar pada Rabu (10/7) dini hari WIB. Siapa pun yang lolos ke final, toh lagu kemenangan sudah menggema di seluruh Inggris dan menjadi perayaan spesial tersendiri. It's coming home!

Semifinal Piala Dunia 2018. (Foto: Aditia R, Basith Subastian/kumparan)
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: