Pencarian populer

Leganes Beri Barcelona Kekalahan Perdana Musim Ini

Perayaan gol dari pemain Leganes. (Foto: REUTERS/Sergio Perez)
Barcelona akhirnya menelan kekalahan perdana musim ini pada pekan keenam La Liga. Bertamu ke Estadio Municipal de Butarque, markas Leganes, Kamis (27/9/2018) dini hari WIB, Barcelona kalah dengan skor 2-1. Awalnya, Los Cules memimpin lebih dulu melalui kaki Philippe Coutinho di menit ke-12. Namun, Leganes mampu membalas melalui Nabil El Zhar di menit ke-52 dan Oscar di menit ke-53.
ADVERTISEMENT
Kekalahan ini mengancam posisi Barcelona di puncak klasemen La Liga. Perolehan 13 angka Barcelona bisa saja disalip oleh Real Madrid bila berhasil meraih angka pada pertandingan menghadapi Sevilla. Bagi Leganes, kemenangan ini mengangkat posisi mereka ke peringkat 17 dengan 4 angka.
Hasil imbang 2-2 saat bersua Girona pastinya tak mau lagi diulangi oleh Barcelona. Kemenangan diincar oleh anak asuh Ernesto Valverde untuk terus menjaga jarak dengan Real Madrid.
Bersua Leganes, Barcelona melakukan beberapa rotasi. Luis Suarez berada di bangku cadangan dan digantikan posisinya oleh Munir El-Haddadi. Philippe Coutinho dan Ivan Rakitic yang di laga sebelumnya tak tampil sejak awal kini menghiasi 11 pemain awal Barcelona.
Bagi Leganes, menghadapi Barcelona bak ujian yang sangat berat. Terlebih, Leganes belum pernah menang di ajang La Liga musim ini. Maka dari itu, Leganes tahu diri saat bersua Barcelona. Pola bertahan dipilih oleh Mauricio Pellegrino pada laga kali ini.
ADVERTISEMENT
Pelatih asal Argentina itu menempatkan lima pemain belakang. Sementara, Nabil El Zhar, Mikel Vesga, Ruben Perez, dan Oscar menjadi penyeimbang di lini tengah. Pada posisi penyerang, Youssef En-Nesyri dipasang oleh Pellegrino.
Barcelona yang unggul secara kualitas pemain mendominasi jalannya pertandingan sejak awal. Ousmane Dembele langsung mendapat peluang pada menit ketujuh tapi tendangannya masih belum tepat sasaran. Lima menit usai peluang Dembele, Barcelona mencetak gol. Coutinho berhasil mengubah skor menjadi 1-0 lewat tendangan voli jarak jauhnya yang tak bisa dihalau oleh Ivan Cuellar.
Unggul satu gol membuat Barcelona semakin nyaman bermain. Melalui komando Messi yang menjadi pusat serangan, beberapa kali Barca mampu membahayakan pertahanan Leganes.
Akan tetapi, Leganes bukannya tanpa peluang. Sesekali tim yang kini tengah berada di dasar klasemen itu membahayakan gawang Barcelona. Salah satunya upaya dari Youssef En-Nesyri di menit ke-30.
ADVERTISEMENT
Beruntung Marc-Andre ter Stegen masih bisa menahan bola. Kendati banyak peluang yang tercipta oleh kedua tim tapi tak ada gol yang tercipta. Babak pertama pun berakhir dengan keunggulan Barcelona.
Babak kedua, keadaan berbalik menguntungkan untuk Leganes. Dua gol cepat berhasil dicetak oleh anak asuh Pellegrino ke gawang Barcelona.
Selebrasi gol dari Coutinho. (Foto: REUTERS/Sergio Perez)
Gol pertama terjadi pada menit ke-52 melalui sundulan Nabil El Zhar. Eks pemain Liverpool ini berhasil meneruskan umpan Jonathan Silva.
Skor 1-1 tak bertahan lama karena semenit kemudian Leganes kembali mencetak gol. Kali ini Oscar yang mengoyak gawang Ter Stegen. Pemain bernomor punggung 27 itu berhasil memanfaatkan sapuan dari Pique yang mengarah kepadanya.
Barcelona yang ketinggalan mencoba menaikan tekanan. Luis Suarez, Malcom, dan Jordi Alba dimainkan oleh Valverde guna mencetak gol. Namun, rapatnya pertahanan Leganes membuat Barcelona kesulitan.
ADVERTISEMENT
Barca memiliki dua peluang emas pada menit ke-80. Pertama, tendangan dari Coutinho yang masih bisa ditepis oleh Cuelar. Kedua sepakan Rakitic memanfaatkan bola muntah hasil sepakan Coutinho. Tapi, lagi-lagi Cuelar sukses menggagalkan dua peluang tersebut.
Barcelona sudah sekuat tenaga untuk bisa mencetak gol ke gawnag Leganes. Namun, tak ada satu pun usaha yang berhasil dan akhirnya pertandingan dimenangkan oleh Leganes.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80