kumparan
29 Mei 2018 3:35 WIB

Liverpool Resmi Boyong Fabinho dari AS Monaco

Fabinho saat berseragam Monaco. (Foto: REUTERS/Jean-Pierre Amet)
Hanya dua hari berselang setelah kalah di partai final Liga Champions dari Real Madrid, Liverpool membuat kejutan. Tiba-tiba saja, mereka meresmikan kedatangan gelandang asal Brasil, Fabinho.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya, sangat sedikit rumor yang menyebutkan bahwa 'Si Merah' menginginkan Fabinho. Justru, rival Liverpool di Premier League, Manchester United, yang gencar dikabarkan meminati tanda tangan pemain berkepala plontos itu.
Namun, pada Selasa (29/5/2018) dini hari WIB, Fabinho akhirnya resmi menandatangani kontrak jangka panjang bersama Liverpool. Berdasar laporan BBC, Liverpool harus merogoh kocek lebih dari 40 juta poundsterling untuk mendatangkan Fabinho.
Namun, pemain yang juga bisa berposisi sebagai bek kanan itu baru akan resmi menjadi pemain Liverpool pada 1 Juli, setelah lebih dulu menyelesaikan tes medis di markas latihan klub, Melwood. Fabinho pun menyatakan antusiasmenya bergabung dengan Liverpool.
"Saya sangat gembira dengan langkah ini. Ini adalah sesuatu yang saya inginkan. Ini adalah tim raksasa. Infrastruktur klub terlihat luar biasa. Sebuah klub sepak bola sebesar ini datang setelah kerja saya. Saya tak perlu berpikir banyak untuk datang," jelas Fabinho dilansir situs resmi klub.
ADVERTISEMENT
"Saya akan mencoba menciptakan sejarah saya sendiri di klub sepak bola ini. Semoga, pada level pribadi, saya dapat memenangi gelar dengan klub ini. Saya akan mencoba untuk tumbuh dan belajar, serta meningkatkan diri, dan menjadi bagian dari sejarah klub," tambahnya.
Fabinho sendiri selama lima musim terakhir merupakan pilar utama Monaco. Total dia mencatatkan 255 penampilan dan mencetak 29 gol. Pemain berusia 24 tahun itu pun jadi salah satu holding midfielder terbaik di Ligue 1.
WhoScored mencatat bahwa Fabinho memiliki kelebihan dalam memenangi duel udara, menahan bola, melepaskan umpan kunci, serta dalam melakukan tekel. Dia juga menjadi pemain yang gemar melepaskan umpan-umpan panjang, dan memiliki rasio keberhasilan umpan rata-rata sebesar 85,2%.
ADVERTISEMENT
Di satu sisi, kedatangan Fabinho ini memperkuat rumor bakal hengkangnya Emre Can, yang punya posisi bermain sama, dari Liverpool. Kontrak Can sendiri memang akan habis pada akhir Juni nanti dan dia terus dirumorkan sudah menjalin kesepakatan untuk bergabung dengan Juventus.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan