Pencarian populer

Manchester City (Masih) Tim Terbaik Dunia di Mata Klopp

Juergen Klopp meneriakkan instruksi pada para pemainnya di laga Piala Liga menghadapi Chelsea. (Foto: Reuters/Andrew Yates)

Sesuatu yang logis apabila menyebut Liverpool sebagai tim terbaik Premier League menimbang situasi di klasemen kini. Anak-anak asuh Juergen Klopp tengah memuncaki tabel sementara dengan 54 angka.

Rapor mereka pun mengagumkan. Sampai pekan ke-20, The Reds tak tersentuh kekalahan. Rinciannya yakni 17 kemenangan dan tiga kali imbang.

Betapa superior Liverpool terlihat betul pada Desember 2018. Inilah periode sulit untuk tim-tim kontestan Premier League karena jadwal sungguh padat. Tidak begitu buat Liverpool karena mereka menyapu bersih kemenangan dalam delapan pertandingan. Termasuk di antaranya dua kemenangan atas dua tim teras, Manchester United dan Arsenal.

Berikutnya, Liverpool kembali mendapat adangan berat. Mereka dijadwalkan bertandang ke kandang Manchester City, Stadion Etihad, pada laga pekan ke-21, Jumat (4/1/2019). Inilah pertandingan yang menentukan perburuan gelar karena selain berstatus juara bertahan, City tengah menempati posisi ketiga berbekal 47 poin.

Menyadari betapa sulit rintangan Liverpool, pelatih Juergen Klopp meminta timnya untuk fokus dan mempertahankan penampilan terbaik. Dia melihat bahwa City tak pantas diremehkan meski tak seimpresif musim lalu.

"Ini akan menjadi pertandingan yang sulit menghadapi Manchester City. Kami sudah sering bertemu dengan mereka. City adalah tim yang kuat dengan manajer yang luar biasa," tutur Klopp dilansir situs resmi Liverpool.

Pemain-pemain Liverpool merayakan gol ke gawang Arsenal. (Foto: REUTERS/Phil Noble)

"Kami harus bersiap sebaik mungkin, tampil berani, dan mengusung motivasi meraih kemenangan seperti di pertandingan sebelumnya. Karena City merupakan tim terbaik di dunia.

"Saya mengatakan ini beberapa pekan yang lalu dan ucapan saya tidak berubah. Cara City bermain dan semua yang sudah mereka capai tidak ada yang berubah," tutup Klopp.

Kendati waspada, Liverpool sejatinya memiliki beberapa keuntungan dalam pertemuan dengan City. Salah satunya adalah inkonsistensi yang sedang menghinggapi anak asuh Guardiola tersebut.

Dalam tiga pertandingan terakhir di Premier League, City menelan dua kekalahan dan sekali menang. Tragisnya, satu kekalahan dialami oleh City di markas mereka sendiri saat menghadapi Crystal Palace.

Liverpool dan City harus puas dengan hasil imbang. (Foto: REUTERS/Phil Noble)

Kondisi tim pun pantas dikhawatirkan City. Ilkay Guendogan dan Kevin De Bruyne terancam absen. Masalah semakin lengkap di sektor bek kiri karena Benjamin Mendy tengah cedera dan Fabian Delph selaku deputi terkena akumulasi kartu kuning. Pilihan untuk Guardiola kini ada pada Oleksandr Zinchenko atau menggeser Aymeric Laporte ke sisi kiri pertahanan.

Selain internal tim lawan, Liverpool diuntungkan dengan rekor pertemuan. Dari lima pertemuan di semua kompetisi, Liverpool merangkum empat kemenangan dan satu imbang.

Nah, keuntungan-keuntungan ini yang harus dimanfaatkan Liverpool pada pertandingan menentukan nanti. Kalau berhasil, semakin besarlah peluang mereka merebut gelar juara pertama pada era Premier League.

===

Pertandingan Manchester City vs Liverpool berlangsung pada pekan ke-21 Premier League. Laga digelar di Stadion Etihad, Jumat (4/1/2019) pukul 03:00 WIB.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23