Pencarian populer

Mancini: Italia Seharusnya Bisa Cetak Empat Gol ke Gawang Yunani

Mancini kala mendampingi Italia di laga uji tanding melawan Amerika Serikat. Foto: AFP/John Thys

Roberto Mancini belum puas dengan penampilan Timnas Italia. Padahal, Azzurri sudah menorehkan kemenangan 3-0 atas Yunani pada matchday ketiga kualifikasi Piala Eropa 2020 di Athens Olympic Stadium, Minggu (9/6/2019) dini hari WIB.

Tiga gol yang masing-masing disumbangkan oleh Lorenzo Insigne, Leonardo Bonucci, dan Nicolo Barella dianggap belum cukup oleh Mancini. Mantan pelatih Inter Milan tersebut menilai seharusnya ada gol keempat yang bisa dilesakkan oleh Italia jika menilik dominasi sepanjang laga.

Italia merangkum 64% penguasaan bola dengan melepaskan 15 tembakan yang 10 di antaranya mengarah gawang. Jika efektivitas yang jadi acuan Mancini merasa ada yang kurang dari penampilan Italia, maka komentarnya bisa diwajarkan.

“Saya tak menganggap bahwa pertandingan itu adalah performa terbaik Italia. Hal paling penting adalah kami harus terus berkembang. Kami melakukan tugas dengan baik dari mulai menit pertama dan menerapkan skema yang tepat,” kata Mancini dilansir Football Italia.

“Aspek yang paling diperhatikan sekarang adalah mengapa kami tidak mencetak gol keempat di babak kedua. Kami harus menekan lebih intens dan memaksimalkan beberapa peluang yang didapatkan,” tuturnya menambahkan.

Mancini memang patut puas menyoal dominasi Italia yang mencetak tiga gol cuma dalam kurun waktu 10 menit. Tepatnya Barella di menit 23, Insigne menit 30, dan Bonucci menit 33. Hanya, penurunan tekanan dan ketajaman Italia selepas keunggulan ini menjadi kekurangan yang disesalkan Mancini.

Para pemain Timnas Italia merayakan gol Bonucci ke gawang Yunani. Foto: REUTERS/Costas Baltas

Italia pun dianggap Mancini mujur lantaran beberapa kali serangan balik Yunani yang berbahaya tak berbuah jadi gol. Total, ada dua penyelamatan yang dilakukan Salvatore Sirigu sehingga gawang Italia aman dari kebobolan.

“Kami bermain terlalu berisiko dan terlalu mencoba menjaga keunggulan. Yunani hampir saja menyakiti kami dengan beberapa kali serangan yang mereka berikan,” tegas pelatih berusia 54 tahun ini.

Berbicara soal nirgol di laga ini, Italia tercatat selalu memenangi tiga pertandingan di kualifikasi Piala Eropa 2020 Grup J dengan menorehkan clean sheet. Berbekal hasil itu, ‘Si Biru’ untuk sementara kokoh di puncak klasemen dengan keunggulan tiga angka atas Finlandia.

Namun, Italia pantang berpuas diri. Masih ada Bosnia yang bakal mereka hadapi di lanjutan fase kualifikasi pada Rabu (12/6) dini hari WIB. “Saya selalu katakan masih banyak hal yang perlu kami lakukan. Di fase kualifikasi ini kami akan mempertahankan performa terbaik hingga laga terakhir,” pungkas Mancini.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.33