• 3

Menang 4-3, Liverpool Beri Manchester City Kekalahan Perdana

Menang 4-3, Liverpool Beri Manchester City Kekalahan Perdana


Liverpool

Para pemain Liverpool merayakan gol. (Foto: Reuters/Carl Recine)
Manchester City akhirnya menelan kekalahan perdana mereka di Premier League. Bertandang ke Anfield pada laga pekan ke-23 yang berlangsung Minggu (15/11) malam WIB, City dikalahkan 3-4 oleh tuan rumah Liverpool. Tren tanpa kekalahan City terhenti, tren tanpa kekalahan Liverpool berlanjut.
Bagi City, kekalahan ini masih membuat mereka kokoh di puncak klasemen sementara dengan 62 poin dan masih unggul 15 angka dari Manchester United di posisi dua. Untuk Liverpool, kemenangan ini membuat mereka naik ke posisi tiga dengan raihan 47 poin.
***
Pada laga pertama tanpa Philippe Coutinho, Juergen Klopp tetap menggunakan formasi 4-3-3. Di lini belakang, untuk menggantikan Virgil van Dijk yang cedera, Klopp menurunkan Dejan Lovren yang pada laga ini juga berstatus sebagai kapten tim.
Di lini tengah, Emre Can dan Gini Wijnaldum diturunkan bersama Alex Oxlade-Chamberlain yang menggantikan posisi Coutinho. Di depan, trisula dipercayakan kepada trio Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Roberto Firmino.
Di kubu City, Pep Guardiola menurunkan susunan pemain terbaiknya. Mulai dari Ederson, Nicolas Otamendi, Kyle Walker, Fernandinho, Kevin de Bruyne, Leroy Sane, Raheem Sterling, sampai Sergio Aguero diturunkan sejak awal. Hanya kali ini David Silva dibangkucadangkan dan Pep menurunkan Ilkay Guendogan.
Tampil di depan pendukungnya, Liverpool memulai laga dengan percaya diri. Seperti apa yang dikatakan Klopp sebelum laga, mereka tak bermain pasif dan menunggu City. Namun, berani keluar menyerang, mencoba menguasai bola, dan memberi tekanan sedini mungkin.
Hasilnya pada menit sembilan, gol bagi Liverpool tercipta. Berawal dari umpan lambung dari lini belakang Liverpool, Roberto Firmino mampu merebut bola yang sebelumnya dipegang pemain City. Bola kemudian diberikan kepada Chamberlain dan dia melepaskan tembakan keras yang menghujam pojok kanan gawang Ederson.
Kebobolan, City tersulut dan balik mencoba menguasai bola. Tapi lini tengah dan belakang tim tuan rumah tampil disiplin sehingga De Bruyne dan kolega kesulitan mendapatkan peluang emas. Hanya beberapa kali peluang didapat oleh Aguero, Sterling, dan De Bruyne, tapi tak ada yang berbahaya.
Sampai akhirnya pada menit 41, Sane berhasil menyamakan kedudukan. Diawali umpan lambung terukur Walker, Sane berhasil mengecoh Joe Gomez dan Joel Matip sebelum akhirnya melepaskan tembakan keras yang tak bisa dihalau Loris Karius. Skor 1-1 bertahan hingga babak pertama usai.
Memasuki babak kedua, City mencoba mengambil inisiatif dengan terus menekan Liverpool. Peluang emas berhasil mereka dapatkan pada menit 51 melalui sepak pojok, sayangnya sundulan Otamendi masih membentur mistar gawang "Si Merah". Cerita City kemudian terhenti di situ.
Karena setelahnya, laga ini benar-benar menjadi milik Liverpool. Semua bermula pada menit 59. Berawal dari serangan balik, Chamberlain memberikan umpan terobosan manis ke Firmino. Usai melewati Stones, striker asal Brasil itu melepaskan tembakan lob cantik yang membuat Liverpool unggul.
Dua menit berselang, "Si Merah" memperbesar keunggulannya. Memanfaatkan blunder Otamendi, Salah yang mendapat bola memberikan umpan mendatar kepada Mane. Pemain asal Senegal itu kemudian melepaskan tembakan kencang yang menggetarkan pojok kanan gawang Ederson.

Liverpool

Para pemain Liverpool merayakan gol. (Foto: Reuters/Carl Recine)
Tujuh menit kemudian, pesta Liverpool ini dilanjutkan oleh Salah. Berawal dari sapuan buruk yang dilakukan oleh Ederson, Salah yang mendapatkan bola langsung melepaskan tembakan lambung ke arah gawang City yang sudah kosong dan pemain asal Mesir itu pun mendapatkan gol ke-18nya musim ini.
Setelah gol itu, City keluar menyerang dan mencoba memperkecil ketertinggalan. Pada menit 84, mereka berhasil melakukannya. Adalah Bernardo Silva, pemain pengganti yang masuk menggantikan Sterling, yang mampu membobol gawang Karius.
Di masa injury time, City berhasil memperkecil ketertinggalan sekali lagi. Sontekan Guendogan di depan gawang Liverpool setelah menerima umpan dari Aguero mampu membuat Karius tak bisa berkutik. Namun, drama hanya sampai di situ saja dan laga ditutup dengan kemenangan 4-3 untuk Liverpool.


Sepak BolaSportsLiverpool Manchester CityLiga Inggris

500

Baca Lainnya