Pencarian populer
Menerka Kuartet Pertahanan Liverpool Setelah Matip Kembali
Bek Liverpool, Joel Matip. (Foto: Lee Smith/Reuters)
Bek tengah Joel Matip telah kembali ke sesi latihan Liverpool pasca mengalami cedera tulang selangka. Kehadiran Matip tentu menjadi kabar gembira bagi pelatih Juergen Klopp, mengingat pasukannya sedang krisis di pos sentral pertahanan. Meskipun begitu, lini belakang yang akan disusun Klopp untuk melawan Brighton & Hove Albion, Sabtu (12/1/2019), masih menjadi pertanyaan.
Sebelum Matip pulih, Liverpool mesti menghadapi bahwa salah satu bek andalannya, Dejan Lovren, juga mengalami cedera. Konsekuensinya, sang juru taktik hanya memiliki Virgil van Dijk saja sebagai bek tengah murni yang tersisa, sementara Lovren, Matip, dan Joe Gomez mesti menepi.
Dengan kehadiran Matip, Klopp setidaknya dua bek tengah yang tak mesti menjalani perawatan. Namun, kebugaran Matip masih dipertanyakan. Mantan pemain Schalke 04 ini baru berlatih sejak Kamis (10/1), setelah absen sekitar satu bulan. Cedera tulang selangkanya membutuhkan operasi dan Matip juga memerlukan latihan lebih untuk mengembalikan match fitness-nya.
Klopp pribadi pun tak bisa memastikan apakah Matip dapat diturunkan melawan Brighton atau tidak, meski ia juga yang mengonfirmasi bahwa sang bek telah kembali ke sesi latihan.
“Joel (Matip) telah berlatih untuk yang pertama kalinya pasca cedera kemarin. Ini adalah hal yang amat menyenangkan, tetapi kami mesti mengevaluasinya dan melihat bagaimana ia berlatih,” ucap Klopp dikutip dari Metro.

Juergen Klopp pimpin sesi latihan Liverpool jelang melawan Napoli. (Foto: Paul ELLIS / AFP)
Apabila hasil tes kebugarannya positif, Matip pasti akan menjadi partner Van Dijk sebagai bek tengah The Reds kala melawan Brighton nanti. Namun, apa yang akan Klopp lakukan seandainya Matip dianggap belum siap untuk turun sejak awal?
Klopp kemungkinan besar akan kembali menurunkan gelandang bertahannya, Fabinho, sebagai bek tengah. Pemain asal Brasil tersebut memiliki atribut yang cocok untuk beroperasi lebih ke belakang dari posisi aslinya. Hal inilah yang dilakukan oleh Klopp di pertandingan Piala FA melawan Wolves lalu.
Berdasarkan wawancaranya yang dilansir situs resmi Liverpool, Klopp melihat dimainkannya Fabinho di posisi tengah pertahanan melawan Brighton nanti mungkin akan terjadi. Ia tak menafikan fakta bahwa ada perbedaan dari posisi asli Fabinho (gelandang bertahan) dan bek tengah, tetapi adaptasi untuk memudahkan pemain asal Monaco itu bermain di lini belakang telah dilakukan.
“Begini, apabila Fabinho mesti bermain sebagai bek tengah dan hal ini masih belum pasti, ia sudah pernah bermain di sana. Kami telah melakukan adaptasi dan perencanaan di sesi latihan," ujar Klopp.

Fabinho berduel dengan Ross Barkley saat Liverpool menghadapi Chelsea di Piala Liga Inggris. (Foto: REUTERS/Andrew Yates)
“Yang kami inginkan adalah pemahaman natural dari sang pemain. Apabila anda bermain sebagai bek tengah atau gelandang bertahan, tak ada perbedaan ketika menguasai bola, namun ketika bertahan berbeda karena anda tak memiliki lini di belakang anda ketika bermain sebagai bek. Kedua hal ini adalah sesuatu yang paling penting, jadi kami mesti menyiapkan keduanya dan semua akan baik-baik saja,” katanya.
Liverpool memang kalah ketika melawan Wolves di Piala FA. Bukan berarti permainan Fabinho sebagai bek tengah terbilang buruk. Ia mendapatkan skor 7.0 dari situs Whoscored, dengan satu tekel sukses plus persentase operan sukses mencapai 89%. Ini menjadi bukti bahwa Fabinho tak canggung bermain bukan di posisi naturalnya.
Kemungkinan lain yang bisa diambil oleh Klopp adalah memainkan bek tengah belia, Ki-Jana Hoever. Bek berusia 16 tahun ini berhasil mencuri perhatian kala menggantikan Lovren di kekalahan melawan Wolves. Namun, kemungkinannya kecil sekali mengingat memainkan bek junior di Premier League sebagai starter cukup berisiko dan tentunya menambah beban Hoever bisa merasa terbebani.
Lalu, akan seperti apa lini belakang Liverpool melawan Brighton nanti? Trent Alexander-Arnold dan Andrew Robertson rasanya tak akan tergantikan di posisi bek sayap, namun Fabinho-lah yang akan menemani Van Dijk sebagai bek tengah. Matip kemungkinan besar akan masuk ke bangku cadangan dan Hoever akan siap siaga kembali masuk skuat apabila kebugaran bek tengah asal Kamerun itu belum memadai untuk merumput.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: