kumparan
17 Jul 2018 15:22 WIB

Panduan dari kumparanBOLA Sebelum Nonton Turnamen Pramusim

Trofi International Champions Cup. (Foto: Lionel Ng/Getty Images)
Piala Dunia 2018 telah usai. Namun, jangan bersedih, karena agenda sepak bola tak sepenuhnya hilang. Memang, sih, yang pergi adalah agenda kelas dunia, sementara yang akan datang hanya agenda kelas 'kecamatan'. Tapi, toh, sepak bola tetaplah sepak bola, bukan?
ADVERTISEMENT
Ya, usai Piala Dunia 2018 pergi, bola akan bergulir lagi ke lapangan lewat agenda-agenda pramusim klub-klub top Eropa. Klub-klub kesayangan Anda itu lho akan kembali bertanding lagi setelah rehat kurang lebih dua bulan usai musim 2017/18 lalu selesai. Rindu, bukan?
Meski belum bakal diperkuat pemain-pemain bintang yang kemarin berlaga di Rusia bersama negara masing-masing, melihat klub-klub kesayangan bertanding bukankah tetap menyenangkan? Lagipula, akan banyak duel antarklub besar pada pramusim ini.
Trofi Piala Dunia. (Foto: REUTERS/Carlos Barria)
Nah, sebelum menyaksikan tim-tim kesayangan Anda berlaga di turnamen pramusim atau laga-laga uji tanding--yang terkadang menjemukan itu--kami memberikan sedikit gambaran tentang agenda pramusim klub-klub besar di musim panas ini.
Mereka yang Ikut Internasional Champions Cup (ICC)
ICC adalah turnamen pramusim terbesar yang ada setiap tahunnya. Seperti biasa, ICC juga akan dihelat di Amerika Serikat, Asia, dan Eropa. Untuk tahun ini, Amerika Serikat akan menyelenggarakan 17 laga, sedangkan 10 laga lain akan dibagi di Eropa dan Singapura sebagai wakil Asia.
ADVERTISEMENT
Untuk waktunya, ICC akan dimulai pada 20 Juli esok dan akan berakhir pada 11 Agustus nanti. Laga pertama akan mempertandingkan Manchester City versus Borussia Dortmund di Soldier Field, Chicago. Menarik, bukan?
Barcelona juara ICC. (Foto: Chris Trotman/Getty Images)
Selain kedua klub itu, masih ada 15 klub lagi yang akan berlaga di ICC dan seluruhnya merupakan klub-klub papan atas dari liga top Eropa. Ada AC Milan, Barcelona, Bayern Muenchen, Benfica, Juventus, Liverpool, Manchester United, Real Madrid, Roma, dan Tottenham Hotspur yang akan berlaga di Amerika Serikat bersama City dan Dortmund.
Ada pula Arsenal, Atletico Madrid, Chelsea, dan Paris-Saint Germain (PSG) yang bakal berlaga di Singapura. Keempat klub tersebut, kemudian ditambah Bayern, Benfica, dan Inter Milan akan kembali berlaga di Eropa.
ADVERTISEMENT
Sekadar catatan saja, akan banyak pertandingan menarik di ICC tahun ini. Misalnya ada laga Madrid vs Juventus di FedEx Field, Landover, pada 4 Agustus nanti. Laga ini bisa menjadi laga reuni Cristiano Ronaldo yang sudah berseragam Juventus dengan mantannya, Madrid.
Ronaldo dengan kostum nomor tujuh Juventus. (Foto: Dok. Juventus FC)
Ada juga laga Arsenal vs PSG di Stadion Nasional Singapura pada 28 Juli nanti yang akan jadi laga emosional untuk Unai Emery. Jadi, jangan khawatir... Hingga 11 Agustus mendatang, akan ada laga-laga sepak bola yang (semoga) menghibur Anda.
Mereka yang Jalani Tur Sendiri
Beberapa tim mengemban peribahasa 'sambil menyelam minum air' di ajang pramusim ini. Selain mengikuti turnamen ICC, mreka juga punya agenda pramusim sendiri. United, misalnya. Tur mereka ke Amerika bukan hanya untuk ikut di ajang ICC. Mereka juga bakal menjalani laga uji tanding lain di sana.
ADVERTISEMENT
Club America asal Meksiko dan San Jose Earthquakes yang merupakan klub asal Amerika Serikat sendiri dipilih jadi lawan United di Negeri Paman Sam. Ada juga yang tak mengikuti ICC, tetapi tetap mengadakan tur. Seperti Everton yang terbang ke Austria dan Portugal untuk pramusim kali ini.
Mourinho tengah mengawasi anak asuhnya. (Foto: Reuters/Jason Cairnduff)
Mereka yang Turnya Dekat-dekat Saja
Selain terbang jauh untuk ikut di ajang ICC itu, beberapa klub juga menghabiskan agenda pramusim mereka dengan berlaga melawan klub-klub sekitar. Artinya, mereka tak perlu jauh-jauh pergi dan lebih memilih menghadapi klub-klub lokal saja.
Liverpool salah satu contohnya. Sebelum terbang ke Amerika Serikat, mereka lebih dulu menjalani laga-laga uji tanding menghadapi klub Inggris lainnya seperti Tranmere Rovers dan Chester FC. Lain Liverpool, lain pula Madrid.
ADVERTISEMENT
Liverpool menjuarai Premier League Asia Trophy. (Foto: Reuters)
Los Blancos justru sebaliknya. Mereka lebih dulu menjalani tur pramusim di Amerika Serikat baru kemudian menghadapi laga uji tanding di Santiago Bernabeu, kandang sendiri.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·