kumparan
24 Jun 2018 20:56 WIB

Pesta Gol ke Gawang Panama, Inggris Lolos ke 16 Besar

John Stones membobol gawang Panama. (Foto: REUTERS/Lucy Nicholson)
Tim Nasional Inggris menutup laga kedua di Piala Dunia 2018 dengan hasil luar biasa. Menghadapi Panama dalam matchday kedua Grup G Piala Dunia 2018 di Nizhny Novgorod Stadium, Minggu (24/6/2018) malam WIB, Harry Kane dkk. mendapatkan tiga poin usai menutup laga dengan skor 6-1.
ADVERTISEMENT
Gol-gol Inggris dalam pertandingan ini diciptakan oleh John Stones (8', 40'), Kane (22',45', dan 62'), serta Jesse Lingard di menit ke-36. Sementara, satu-satunya gol Panama dalam laga ini diciptakan oleh pemain tertua mereka, Felipe Baloy, di menit ke-78.
Dengan hasil ini, Inggris pun lolos ke babak 16 besar usai mendapatkan dua kemenangan dan mengumpulkan enam poin. Kemenangan ini juga ikut meloloskan Belgia ke fase gugur. Sebelumnya, Belgia menang 5-2 atas Tunisia.
Pelatih Inggris Gareth Southgate tetap menggunakan formasi 3-1-4-2. Satu-satunya perubahan yang dilakukan oleh Southgate dalam laga ini adalah masuknya Ruben Loftus-Cheek untuk menggantikan Dele Alli yang mengalami cedera
Panama tampil dengan formasi 4-3-3. Sebelas pemain yang diturunkan oleh pelatih Hernan Gomez dalam laga ini sama seperti saat mereka bersua Belgia, termasuk Blas Perez yang kembali menjadi pilihan di lini depan.
ADVERTISEMENT
Sejak babak pertama dimulai, Inggris langsung tampil menekan. Mengandalkan Raheem Sterling dan Lingard, mereka menekan pertahanan Panama yang kerap memperlihatkan keteledoran.
Inggris unggul saat laga baru berjalan delapan menit. Menerima bola hasil sepak pojok Kieran Trippier, Stones, yang tak terkawal, tanpa kesulitan melepaskan sundulan kencang ke sisi kanan gawang Panama.
Pelanggaran Fidel Escobar terhadap Lingard membuat Inggris mendapatkan hadiah penalti. Kane yang menjadi eksekutor tak menyia-nyiakan peluang tersebut untuk menambah keunggulan The Three Lions menjadi 2-0.
Ketinggalan dua gol membuat permainan Panama menjadi kocar-kacir. Inggris pada akhirnya menambah keunggulan lewat tendangan melengkung Lingard dari luar kotak penalti saat pertandingan memasuki menit ke-36.
Eksekusi penalti Harry Kane. (Foto: REUTERS/Matthew Childs)
Di menit ke-40, Stones mencetak gol keduanya pada pertandingan ini. Babak pertama ditutup dengan skor 5-0 usai Kane mencetak gol kedua via tendangan 12 pas usai ia dilanggar oleh Anibal Godoy di dalam kotak penalti.
ADVERTISEMENT
Secara keseluruhan, Inggris memang terlihat impresif di babak pertama, terutama lewat skema set-piece mereka yang begitu rapi. Namun, permainan mereka via open play masih jauh dari kata sempurna.
Panama coba bermain lebih defensif di babak kedua. Dengan garis pertahanan yang lebih dalam dan penjagaan yang lebih ketat, mereka membuat Inggris kesulitan untuk menekan.
Hal tersebut tak membuat Inggris kehilangan cara mencetak gol. Berawal dari tendangan jarak jauh Loftus-Cheek, bola mengenai kaki Kane dan langsung berubah arah. Kiper Panama, Jaime Penedo, hanya bisa melihat bola memasuki gawangnya.
Ketinggalan enam gol membuat Panama bermain lepas. Setelah mendapatkan dua peluang melalui Roman Torres, kebuntuan mereka akhirnya pecah. Lewat gol Baloy di menit ke-78, mereka memperkecil ketinggalan menjadi 6-1.
ADVERTISEMENT
Gol Baloy disambut dengan sukacita oleh para pendukung Panama. Mereka bersorak dan berjingkrakan, tak peduli pada kenyataan bahwa tim mereka masih tertinggal lima gol. Apa boleh buat, itu adalah gol pertama Panama di putaran final Piala Dunia.
Di sisa waktu yang ada, Panama berusaha keras mengejar ketertinggalan. Beragam upaya mereka lakukan, seperti melepaskan sepakan dari luar kotak penalti hingga memperbanyak umpan silang. Sayang, segenap usaha mereka gagal berbuah gol. Skor 6-1 pun jadi penutup laga ini.
Dengan kemenangan ini, Inggris pun memastikan satu tiket ke babak 16 besar Piala Dunia 2018. Tantangan berikutnya, mereka harus meraih kemenangan saat bersua Belgia dalam laga pamungkas Grup G Piala Dunia 2018, Jumat (29/6/2018) dini hari WIB.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan