kumparan
7 Jun 2018 15:41 WIB

Profil Tim Piala Dunia 2018: Islandia

Para pemain Islandia di Euro 2016. (Foto: Valery Hache/AFP)
Piala Dunia 2018 menjadi pentas Piala Dunia pertama bagi Timnas Islandia. Sebelum memastikan diri menjejak Rusia, tim yang punya julukan Strakarnir Okkar (Jagoan-jagoan Kami) ini lebih dulu menanggalkan ketidakmungkinan dan melenyapkan keraguan yang sempat disematkan kepada mereka.
ADVERTISEMENT
Islandia telah bersalin rupa sejak 2014. Keputusan Federasi Sepak Bola Islandia (KSI) memecat pelatih Olafur Johannesson dan menunjuk Lars Lagerback sebagai pengganti menjadi penyebabnya. Di bawah arahan Lagerback, Islandia tidak lagi pantas dianggap layuh.
Lagerback sendiri sukses membawa Islandia finis di posisi kedua kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Eropa Grup E. Atas hasil tersebut, Islandia berhak menjalani babak play-off dan menjaga kans agar lolos ke putaran final Piala Dunia untuk pertama kali.
Perjalanan mereka yang sudah begitu jauh akhirnya terhenti juga setelah kalah dari Kroasia. Akan tetapi, tidak perlu waktu lama bagi Islandia untuk berbenah. Dua tahun berselang, mereka berhasil masuk ke putaran final Piala Eropa untuk pertama kalinya.
ADVERTISEMENT
Keberhasilan itu tentu diiringi dengan sukacita. Dari sana, wajah Islandia berubah. Mereka jadi tim yang disegani dan mulai diperhitungkan oleh lawan-lawannya. Lagerback pun pamit dan tongkat kepelatihan diberikan kepada Heimir Hallgrimsson.
Hallgrimsson tidak mengumbar banyak janji ketika ditunjuk menjadi pelatih kepala. Dia cuma menekankan bahwa tugasnya bersama Islandia cuma satu: meraih hasil yang sebaik-baiknya dengan potensi yang ada.
10 Oktober 2017, apa yang diucapkan Hallgrimsson terwujud. Kemenangan atas Kosovo memastikan langkah mereka menjejak Piala Dunia untuk pertama kalinya. Keberhasilan itu membuat Islandia menyandang predikat sebagai negara dengan populasi terkecil yang lolos ke Piala Dunia.
Profil Pelatih: Heimir Hallgrimsson
Heimir Hallgrimsson. (Foto: Martin Bureau/AFP)
Karier Hallgrimsson di kancah sepak bola tidak bagus-bagus amat. Sebagian besar karier kepelatihan Hallgrimsson pun dihabiskan di Islandia. IBV menjadi salah satu klub yang pernah dinakhodai Hallgrimsson.
ADVERTISEMENT
Hallgrimsson sendiri dikenal sebagai pelatih yang gemar menerapkan formasi 4-4-2 dan bermain di kedalaman. Berkat dua hal tersebut, dia berhasil mengagetkan sepak bola Dunia dengan prestasi-prestasi yang diukirnya.
Hallgrimsson juga sukses membuat Islandia terkenal sebagai tim yang tangguh di lini pertahanan dan tajam dalam melancarkan serangan balik.
Pemain Bintang
Gylfi Sigurdsson. (Foto: Tobias Schwarz/AFP)
Gylfi Sigurdsson menjadi pemain yang akan sangat diandalkan oleh Islandia. Pemain Everton ini piawai dalam menciptakan peluang untuk kawan-kawannya. Hal itu tidak lepas dari keahliannya mengalirkan bola ke lini depan.
Sebagai pemain yang kerap menginisiasi serangan, Sigurdsson punya insting yang baik dalam mencetak gol. Mantan pemain Swansea City itu berhasil mencetak empat gol dan empat assist sepanjang babak kualifikasi Piala Dunia.
ADVERTISEMENT
Namun, hingga saat ini, Sigurdsson masih menepi akibat cedera yang dideritanya. Kendati sudah dimasukkan ke dalam 23 pemain yang akan dibawa ke Rusia oleh Hallgrimsson, pendukung Islandia tentu masih waswas.
====
*Anda bisa menyimak profil tim peserta Piala Dunia 2018 di topik: Tim Piala Dunia 2018.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·