kumparan
4 Sep 2019 15:05 WIB

Selain Indonesia vs Malaysia, Laga-laga Ini Juga Enggak Kalah Seru!

Selebrasi pemian timnas Indonesia seusai mencetak gol ke gawang Vanuatu pada pertandingan persahabatan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (15/6). Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Benar adanya bahwa pekan ini kita kehilangan suguhan sepak bola yang menyenangkan dari Liga 1 dan ragam liga top Eropa. Akan tetapi, hey, setidaknya kita masih disuguhkan dengan sejumlah laga internasional sebagai gantinya.
ADVERTISEMENT
Memang, sih, sebagian duel antarnegara pada pekan ini harus diakui cukup boring. Tetapi, pada pekan ini juga muncul laga-laga yang mempertemukan dua negara dengan sejarah rivalitas di sepak bola. Atau pun, dua negara dengan kekuatan yang tak begitu berjarak. Jadi, sayang, 'kan, untuk dilewatkan?
Lantas, apa saja pertandingan internasional yang menarik dan harus disaksikan pada pekan ini? Jangan repot-repot mencari, karena kumparanBOLA sudah membuat daftarnya untuk kamu. Kuy!
Indonesia vs Malaysia | Kamis (5/9/2019) | 19.30 WIB
Aksi suporter Timnas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Pertandingan panas sudah tersaji pada pekan perdana Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G. Timnas Indonesia versus Timnas Malaysia, ah.... dua negara ini memang seperti kakak-adik yang tak pernah rela kalah dalam urusan apa pun. Termasuk dalam sepak bola.
ADVERTISEMENT
Sejak 1957, laga yang dijuluki Goal Internasional sebagai El Clasico-nya Asia Tenggara ini sudah dihelat 95 kali. Menariknya, jumlah kemenangan dua tim pun tak berbeda jauh. Indonesia telah menang 39 kali, sementara Malaysia 35 kali.
Dengan kata lain, baik Indonesia dan Malaysia sudah sering 'melukai' satu sama lain. Di cabang olahraga sepak bola SEA Games 1991, Malaysia berstatus sebagai jawara bertahan. Namun, di babak grup, 'Harimau Malaya' tunduk 0-2 dari Indonesia. Pada akhirnya, turnamen itu berakhir dengan Indonesia meraih emas.
Di AFF 2010, mulanya Indonesia juga sukses membantai Malaysia 5-0 pada babak grup. Namun, di laga final, Malaysia berhasil memupuskan harapan 'Garuda' untuk menjadi juara. Skenario tak jauh beda juga terjadi ketika kedua tim kembali bertemu di cabang olahraga SEA Games 2011.
ADVERTISEMENT
Dari situ, bisa berharap pertandingan Indonesia versus Malaysia kali ini juga bakal berjalan sengit. Apalagi, laga ini digelar di Stadion Gelora Bung Karno. Dengan bantuan 'bisingnya' suporter, bisakah pasukan Simon McMenemy menggapai tiga poin perdana mereka di Kualifikasi Piala Dunia 2022?
Chile vs Argentina | Jumat (6/9/2019) | 09.00 WIB
Gambaran jalannya laga Cile versus Argentina. Foto: Reuters
Setidaknya, sudah dua kali air mata Lionel Messi mengucur deras gara-gara Timnas Cile. Pertama, ketika Timnas Argentina takluk dari La Roja di final Copa America 2015 via adu penalti. Skenario serupa lagi-lagi terulang pada Copa America edisi centenary, yang digelar setahun kemudian.
Kedua negara ini mulanya bukan rival. Bagaimana tidak? Sepanjang abad 20, penyokong Cile hanya bisa bermimpi untuk melihat negara mereka memiliki prestasi dan skuat sementereng Argentina. Hingga kemudian Cile Marcelo Bielsa memutuskan untuk melatih Chile pada 2007.
ADVERTISEMENT
Pelatih Argentina itu kemudian menginjeksikan mental petarung kepada para pemain Cile, dan dalam prosesnya membuat ikatan pemain dan fans menjadi solid. Pada Oktober 2008, Cile pun mengalahkan Argentina 1-0 di Kualifikasi Piala Dunia 2010. Inilah kemenangan perdana mereka atas Argentina di laga kompetitif.
Boleh jadi Bielsa turun jabatan pada 2011, tetapi mental petarung itu tetap bertahan dalam jiwa para pemain Cile hingga sekarang. Dengan riwayat ini, boleh jadi pertemuan kedua negara kali ini juga sengit. Meski, titelnya pertandingan persahabatan dan digelar di tempat netral seperti LA Memorial Coliseum.
Brasil vs Kolombia | Sabtu (7/9/2019) | 07.30 WIB
Para pemain Brasil merayakan gol. Foto: Carl DE SOUZA / AFP
Selayaknya duel Argentina-Chile, pertandingan ini juga dihelat di tempat netral dan bertajuk pertandingan persahabatan. Menariknya, baik Timnas Brasil dan Timnas Kolombia memanggil sejumlah superstar-nya untuk pertandingan ini.
ADVERTISEMENT
Mulai darri Brasil. Dari Paris Saint-Germain, datanglah Neymar Junior dan koleganya, Marquinhos and Thiago Silva. Lalu Ederson Moraes dari Manchester City. Kemudian Fabinho Tavares dan Roberto Firmino juga turut serta dari Liverpool. Begitu pula Arthur Melo dari FC Barcelona dan Philippe Coutinho.
Untuk Kolombia, James Rodriguez, Radamel Falcao, Juan Cuadrado, Yerry Mina, hingga David Ospina juga dikabarkan bakal bergabung untuk pertandingan ini.
Kalau melihat kondisi skuatnya, at least laga ini harusnya bisa menyuguhkan beberapa momen menarik.
Amerika Serikat vs Meksiko | Sabtu (7/9/2019) | 07.30 WIB
Laga final Piala Emas CONCACAF 2019, Meksiko vs AS. Foto: Quinn Harris-USA TODAY Sports
Tak ingin menonton duel Brasil versus Kolombia? Oke, masih ada Timnas Amerika Serikat (AS) versus Meksiko, kok. Inilah pertemuan kedua tim untuk pertama kalinya semenjak Meksiko menang 1-0 atas AS di final Piala Emas pada Juli lalu.
ADVERTISEMENT
Ada sejumlah pemain yang bisa kamu perhatikan aksinya pada laga ini. Untuk AS, tentu saja Christian Pulisic yang kini milik Chelsea. Kemudian sang gelandang playmaker milik Schalke 04, Weston McKennie. Hingga Josh Sargent, yang baru saja mencetak gol indah untuk Werder Bremen.
Video
Agar pengetahuanmu soal Meksiko tak hanya soal Javier 'Chicharito' Hernandez saja, maka kami beritahu siapa saja yang bisa dipantau di pertandingan ini. Pertama, Raul Jimenez yang makin tajam di Wolverhampton Wanderers. Lalu Hirving Lozano, yang mencetak gol kala Napoli takluk 3-4 dari Juventus akhir pekan lalu.
Juga ada Jonathan Dos Santos, hingga Hector Herrera yang memiliki kualitas yang cukup mentereng sebagai pemain tengah.
Kosta Rika vs Uruguay | Sabtu (7/9/2019) | 09.00 WIB
ADVERTISEMENT
Pemain Kosta Rika jelang pertandingan. Foto: Reuters/David Gray
Boleh jadi Timnas Kosta Rika bakal menunjukkan kekuatan terbaiknya saat melawan Timnas Uruguay. Mengingat tiket pertandingan yang digelar di Stadion Nasional Kosta Rika ini sudah diserbu habis penyokong tuan rumah. Padahal, Keylor Navas cs. hanya tampil di pertandingan persahabatan.
Di sisi lain, Uruguay pun tak luput memanggil sejumlah pemain terbaiknya. Mulai dari Maxi Lopez, Lucas Torreira, hingga Diego Laxalt. This should be fun to watch!