Pencarian populer

Sempat Buntu, Brasil Akhirnya Taklukkan Kosta Rika

Thiago Silva & Gabriel Jesus vs Kosta Rika. (Foto: REUTERS/Carlos Garcia Rawlins)

Akhirnya, Brasil meraih tiga angka perdananya di Piala Dunia 2018. Bermain di Saint Petersburg Stadium, Jumat (22/6), Brasil menang atas Kosta Rika dengan skor 2-0. Gol Philippe Coutinho dan Neymar membuat Brasil meraih tiga angka.

Perubahan minor dilakukan oleh Brasil pada laga kedua. Hanya Danilo yang digantikan pada laga kali ini karena cedera. Posisi pemain Manchester City itu digantikan oleh Fagner.

Bermain dengan pemain yang sama membuat Brasil juga menguasai jalannya laga sejak menit awal. Dikomandoi Neymar, Brasil terus menekan pertahanan Kosta Rika.

Tapi, Kosta Rika tak takut menghadapi Brasil. Keylor Navas dan kolega mengorganisir pertahanannya dengan rapi. Akibatnya, Brasil kesulitan untuk menembusnya.

Saat menyerang, Kosta Rika dengan cepat naik ke pertahanan Selecao. Peluang perdana lahir dari kubu Kosta Rika melalui Celso Borges. Tapi, upaya eks pemain bernomor punggung lima itu masih melebar.

Brasil terus mencoba mencari celah di pertahanan Kosta Rika. Tendangan-tendangan jarak jauh menjadi opsi bagi Brasil merengkuh gol. Upaya pertama dilakukan oleh Marcelo, tapi tendangannya masih melebar dari gawang Keylor Navas. Sulitnya Brasil menembus pertahanan Kosta Rika terus terjadi hingga babak pertama selesai.

Babak kedua, Brasil mencoba untuk memperbaiki penampilannya. Semua diawali dengan masuknya Douglas Costa yang menggantikan Willian. Alur serangan Brasil kian bervariasi.

Peluang pun didapat melalui Gabriel Jesus. Akan tetapi, tandukannya masih membentur mistar gawang. Tahu timnya mendapat tekanan, pelatih Kosta Rika, Oscar Ramirez, juga melakukan perubahan. Christian Bolanos dimainkan demi mengganti Marco Urena.

Tapi, Brasil juga tak menghentikan tekanannya. Neymar mempunyai peluang emas, walau masih bisa digagalkan oleh Navas. Serupa Neymar, Coutinho juga memiliki kans untuk membuka keunggulan. Namun, lagi-lagi Navas menyelamatkan gawang Kosta Rika. Brasil terus mengurung pertahanan Kosta Rika, terlebih sejak Pelatih Brasil, Tite, memainkan Roberto Firmino menggantikan Paulinho.

Penyelamatan Navas di laga vs Brasil. (Foto: REUTERS/Max Rossi)

Dimainkannya dua penyerang tengah membuat Brasil terus menerus mengurung pertahanan Kosta Rika. Peluang kembali didapatkan oleh Selecao, tapi upaya Neymar masih melebar tipis dari gawang Navas.

Pada menit ke-77, wasit Bjorn Kuipers menunjuk titik putih untuk Brasil. Hal itu dikarenakan Neymar dijatuhkan oleh Giancarlo Gonzalez. Namun, dengan bantuan VAR penalti dibatalkan. Neymar malah didakwa melakukan diving oleh wasit.

Gol yang ditunggu-tunggu akhirnya datang untuk Brasil di ujung pertandingan. Adalah Coutinho yang membuat gol untuk Brasil usai memanfaatkan sontekan Gabriel Jesus di depan gawang Navas.

Coutinho menghadirkan kelegaan untuk Brasil. Bench mereka bersorak. Bahkan Tite sampai tersandung saking senangnya merayakan gol tersebut. Coutinho sekali lagi menjadi pahlawan Brasil setelah sebelumnya mencetak satu gol ke gawang Swiss.

Masa injury time betul-betul dimanfaatkan Brasil. Mereka menambah keunggulan menjadi 2-0 berkat keberhasilan Neymar membobol gawang Kosta Rika beberapa menit setelah gol Coutinho. Hingga pertandingan usai, skor tak berubah.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.31