Pencarian populer

Sempat Tertinggal, Timnas Inggris Sukses Jungkalkan Kroasia

Jesse Lingard merayakan gol ke gawang Kroasia. (Foto: REUTERS/Darren Staples)

Timnas Inggris bermain gemilang. Menjamu Kroasia dalam laga keempat Grup 4 Liga A UEFA Nations League 2018 di Stadion Wembley, Minggu (18/11/2018) malam WIB, Inggris sukses meraih kemenangan dengan skor 2-1. Sempat tertinggal lewat gol Andrej Kramaric, Inggris mampu membalikkan kedudukan berkat gol dari Jesse Lingard dan Harry Kane.

Berkat kemenangan ini, Inggris sukses lolos ke babak semifinal UEFA Nations League. Di sisi lain, kekalahan ini mengantarkan Kroasia terdegradasi ke Grup B, menyusul Jerman.

***

Pada pertandingan ini, Timnas Inggris turun dengan para pemain andalan mereka. Di lini depan, ada trio Harry Kane, Raheem Sterling, dan Marcus Rashford. Lini tengah dihuni oleh Ross Barkley, Eric Dier, dan Fabian Delph, dengan sosok Dier yang jadi metronom. Komando di lini pertahanan diserahkan kepada Joe Gomez dan John Stones, dua bek muda.

Sedangkan Kroasia, berstatus sebagai tim tamu, juga menurunkan para pemain kunci di laga ini. Ada nama Ante Rebic di depan yang ditemani Ivan Perisic, Nikola Vlasic, serta Andrej Kramaric di lini kedua. Marcelo Brozovic dan Luka Modric mengisi posisi di lini tengah, sekaligus melapis lini pertahanan yang dipimpin oleh duet Domagoj Vida dan Dejan Lovren.

Sejak babak pertama dimulai, Timnas Inggris sebagai tuan rumah langsung mengambil inisiatif permainan. Bermain di bawah dukungan para pendukung membuat mereka mampu menampilkan permainan yang bertenaga. Barkley dan Sterling menjadi motor serangan Inggris pada pertandingan ini. Barkley bahkan beberapa kali mampu mengirimkan umpan-umpan berbahaya ke lini pertahanan Kroasia.

Menghadapi tekanan ketat dari para pemain Inggris, para pemain Kroasia tetap bermain tenang. Lovren dan Vida mampu menyapu setiap serangan yang hadir ke pertahanan Kroasia. Brozovic pun mampu membantu pertahanan Inggris dalam beberapa kesempatan dengan intersep dan sapuan yang dia lakukan, sampai petaka akhirnya menghampiri Kroasia pada menit 26.

Salah satu pemain andalan mereka, Sime Vrsaljko, harus ditarik keluar lapangan karena menderita cedera. Pemain Inter Milan itu pun harus digantikan oleh Antonio Milic. Keluarnya Vrsaljko mengguncang Kroasia, karena setelah menit 26, Inggris mampu melancarkan beberapa serangan berbahaya.

Tapi, Kroasia pun tidak tinggal diam. Masuk menit 35, lewat usaha Kramaric, mereka mampu melepas beberapa peluang berbahaya ke gawang Inggris. Di sisa waktu babak pertama, kedua tim tetap saling serang satu sama lain. Namun, tidak adanya gol yang tercipta membuat babak pertama harus berakhir imbang 0-0 bagi kedua tim.

Memasuki babak kedua, kedua tim masih saling berbagi serangan. Kroasia mengandalkan aksi-aksi giringan bola dari Perisic dan Kramaric, sedangkan Inggris mengandalkan kemampuan Rashford dan Sterling untuk mendobrak pertahanan Kroasia yang rapat.

Laga Inggris vs Kroasia di UEFA Nations League 2018 (Foto: REUTERS/Darren Staples)

Memasuki menit 55, serangan dari Inggris mulai berubah monoton. Padatnya lini pertahanan Kroasia membuat para pemain Inggris lebih banyak melepas umpan silang. Tujuan dari serangan umpan silang ini adalah agar Kane, penyerang tunggal Inggris, dapat mendapatkan bola di dalam kotak. Namun, karena dua bek sayap Inggris terlalu maju, hal itu malah menyisakan lubang tersendiri.

Lubang inilah yang dimanfaatkan Kroasia. Pada menit 57, Kramaric menembus kotak penalti Inggris setelah berkombinasi dengan Vlasic. Sedikit menahan bola di kotak penalti, Kramaric mendapatkan ruang tembak. Tembakan dilepaskan. Akurasi tembakan yang apik (serta membentur bek Inggris) membuat gawang Jordan Pickford bobol. Skor 1-0 untuk keunggulan Kroasia.

Tertinggal, Inggris pun berusaha menyamakan kedudukan. Untuk menciptakan kreasi di lini serang, Dele Alli dimasukkan menggantikan Barkley pada menit 63. Tidak hanya Alli, Jadon Sancho dan Jesse Lingard dimasukkan oleh Gareth Southgate pada menit 73. Masuknya ketiga pemain tersebut membuat napas serangan Inggris lebih hidup. Gol pun akhirnya tercipta untuk Inggris pada menit 78.

Berawal dari lemparan ke dalam yang dilepaskan Gomez, kemelut tercipta di gawang Kroasia. Kane yang mendapat bola langsung melepaskan bola pelan yang mampu disepak Lingard masuk gawang Kroasia. Skor pun berubah imbang jadi 1-1 untuk kedua tim.

Usai gol penyama kedudukan ini tercipta, laga berlangsung lebih seru. Kedua tim saling mencari gol tambahan. Kroasia mengandalkan para pemain lini kedua mereka, pun dengan Inggris. Sama seperti Piala Dunia 2018, situasi bola mati menjadi pembeda di laga ini bagi Inggris, dan itu terjadi pada menit 85.

Ben Chilwell melepas tendangan bebas ke dalam kotak penalti Kroasia. Bola yang dilepas Chilwell tersebut sukses disontek oleh Kane. Meski laju bola pelan, namun laju bola yang mengarah ke sudut gawang membuat bola gagal dihentikan penjaga gawang Kroasia. Gol tercipta, dan skor berubah menjadi 2-1 untuk Inggris.

Di sisa waktu yang ada, Kroasia berusaha keras menyamakan kedudukan. Namun, sulitnya mereka mencetak gol membuat kedudukan 2-1 untuk keunggulan Inggris tetap bertahan. Berbekal hasil ini, Inggris berhasil lolos ke babak semifinal UEFA Nations League 2018.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: