• 0

Sevilla Kalah 0-1 di Kandang Alaves

Sevilla Kalah 0-1 di Kandang Alaves


Alaves vs Sevilla

Perebutan bola dalam laga Alaves vs Sevilla (Foto: Cesar Manso/AFP)

Alaves mendapatkan kemenangan keenamnya musim ini. Menjamu Sevilla di Estadio Mendizorroza, Minggu (15/1/2018) malam WIB, Alaves menang dengan skor 1-0 lewat gol Manu Garcia pada menit ke-53.
Dengan kemenangan ini, Alaves pun merangkak ke urutan 17 klasemen La Liga musim ini. Tiga poin dari laga ini membuat mereka kini mengoleksi 18 poin dari 19 pertandingan, unggul dua poin dari Deportivo La Coruna yang berada satu strip di bawahnya.
Di sisi lain, kekalahan ini kian mempersulit langkah Sevilla untuk masuk ke zona Liga Champions. Total 29 poin dari 19 pertandingan membuat mereka tak beranjak dari posisi keenam La Liga.
Seperti yang diperkirakan, Abelardo Fernandez langsung menurunkan pemain anyarnya, John Guidetti, dalam laga ini. Guidetti ditampilkan bersama Munir El Haddadi di lini depan dalam formasi 4-4-2.


Di kubu Sevilla, Steven Nzonzi lagi-lagi tak masuk dalam tim utama. Posisi pemain asal Prancis tersebut digantikan oleh Johannes Geis. Selain Nzonzi, Montella juga tak menurunkan Sergio Escudero dan Sebastien Corchia dalam formasi 4-2-3-1 yang ia gunakan.
Tampil di hadapan pendukungnya membuat Alaves langsung mengambil inisiatif serangan. Kecepatan Munir dan kokohnya postur Guidetti membuat lini belakang Sevilla yang diisi oleh Clement Lenglet dan Simon Kjaer kesulitan.
Sevilla pada akhirnya harus menggunakan serangan balik sebagai cara untuk menyerang. Pada menit keempat, Ever Banega nyaris membawa Sevilla unggul andai tendangan jarak jauhnya tak dihalau oleh Fernando Pacheco.
Memasuki pertengahan babak pertama, Sevilla mengambil alih permainan. Gaya bermain agresif yang mereka lakukan terbukti ampuh membendung permainan Alaves yang mengedepankan kolektivitas dan umpan-umpan pendek.
Meski demikian, tekanan demi tekanan yang dilakukan oleh Sevilla tak kunjung mampu menembus lini belakang Alaves. Buruknya lagi, Sevilla hanya menciptakan satu percobaan tepat sasaran pada pertama. Babak pertama pun ditutup dengan skor sementara 0-0.
Pada awal babak kedua, baik Alaves maupun Sevilla bergantian menciptakan peluang. Tepat pada menit ke-52, Manu Garcia membawa Alaves unggul. Menerima umpan Munir, Manu melepaskan sepakan yang gagal dihalau oleh Sergio Rico.
Ketinggalan satu gol membuat Sevilla semakin gencar menekan. Tak hanya makin agresif, mereka juga menyulitkan Alaves dengan garis pertahanan tinggi. Alaves tak punya cara lain untuk menekan pertahanan Sevilla jika tidak melalui serangan balik.
Pada menit ke-82, Sevilla nyaris menyamakan kedudukan. Memanfaatkan umpan jauh dari Gabriel Mercado, Nolito mendapatkan bola di kotak penalti. Sayang, percobaannya gagal berbuah gol setelah tak mengarah ke gawang Alaves.
Satu menit kemudian, Alaves harus bermain dengan 10 pemain. Pelanggaran keras yang dilakukan oleh Rodrigo Duarte kepada Banega membuatnya harus diganjar dengan kartu kuning kedua. Tak ada gol yang tercipta hingga laga usai. Skor 1-0 untuk kemenangan Alaves jadi penutup laga ini.


Sepak BolaSportsLiga SpanyolAlavesSevilla FC

500

Baca Lainnya