kumparan
20 Sep 2019 18:59 WIB

Solskjaer Masih Tenang meski Keran Gol Rashford Macet

Solskjaer dan Rashford. Foto: Phil Noble/Reuters
Tak hanya harapan yang terlihat dari penampilan Manchester United saat menundukkan FC Astana 1-0 di Old Trafford, Jumat (20/9/2019) dini hari WIB. Di laga ini, terlihat jelas Marcus Rashford masih bermasalah dengan ketajamannya.
ADVERTISEMENT
Tampil selama 90 menit, jebolan akademi United ini melancarkan 5 tembakan. Tiga di antaranya memang tepat sasaran, tetapi tak ada yang berujung gol. Beruntungnya, Mason Greenwood mampu menunjukkan kemampuan terbaiknya di menit ke-71.
Usai menerima bola dari Fred Rodrigues, penyerang berusia 17 tahun ini kemudian mendribel bola melewati Dorin Rotariu di kotak penalti. Setelahnya, Greenwood baru melancarkan tembakan cukup keras yang pada akhirnya berujung gol.
Yang bikin gol ini terasa ironis, adalah perbedaan status Rashford dan Greenwood. Rashford merupakan penyerang inti, sementara level Greenwood baru sekadar penyerang potensial. Masa, iya, Rashford bisa kalah dalam urusan mencetak gol?
Selebrasi dari Marcus Rashford. Foto: Reuters/Jason Cairnduff
Kritik menyoal performa Rashford sampai di telinga Ole Gunnar Solskjaer. Manajer United ini mengakui soal buruknya penampilan Rashford di laga tersebut. Meski begitu, Solskjaer tetap yakin dengan penyerang berusia 21 tahun ini.
ADVERTISEMENT
"Jelas terlihat bahwa dia memiliki kans untuk menciptakan hattrick di laga ini. Akan tetapi, kiper lawan terus melakukan penyelamatan fantastis. Ini artinya, saya tak khawatir dengan Marcus (Rashford)," kata Solskjaer, dikutip dari AFP.
Secara keseluruhan musim ini pun, performa Rashford jauh dari kata memuaskan. Penyerang berkebangsaan Inggris ini hanya mencetak 3 gol. Satu gol muncul dari skema open-play, sementara sisanya dari titik putih.
Ole Gunnar Solskjaer memberi instruksi kepada Marcus Rashford. Foto: Reuters/Andrew Yates
Tetapi, tetap, pandangan Solskjaer tak berubah. Di mata eks pelatih Cardiff City itu, Rashford masih bisa berkembang.
"Saya dan staf pelatih yang lain terus melatih Marcus setiap harinya agar lebih tajam. Yang saya tahu, dia selalu ingin lebih baik. Lagipula, dia masih muda dan itu artinya dia bakal terus meningkat," bela Solskjaer.
ADVERTISEMENT
"Marcus bahkan belum menyentuh usia emas striker, yang saya duga berada di antara 26 atau 27 tahun. Dia masih belajar bagaimana caranya menyelesaikan peluang di berbagai skenario dengan tepat. Tenang saja," lanjut pelatih berusia 46 tahun itu.
Setelah ini, United bakal bertandang ke markas West Ham United, London Stadium, Minggu (22/9) malam WIB. Laga ini menyuguhkan tantangan tepat untuk Rashford. Pasalnya, di dua laga Premier League terakhir, West Ham tak pernah kebobolan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan