kumparan
27 Feb 2018 20:37 WIB

Spaso Gagal Penalti, Bali United Imbang dengan Global Cebu

Global Cebu vs Bali United (Foto: Dok. Bali United)
Ilija Spasojevic menorehkan catatan positif dan negatif saat Bali United bermain imbang 1-1 dengan tim tuan rumah, Global Cebu, pada partai lanjutan Grup G AFC Cup, Selasa (27/2/2018).
ADVERTISEMENT
Dalam laga di Stadion Rizal Memorial, Manila, tersebut, Spaso mampu mencetak gol penyeimbang (74') setelah Global Cepu sempat unggul via Curt Dizon (11'). Namun, kiprah Spaso kemudian tercoreng karena gagal mengeksekusi penalti sepuluh menit menjelang waktu normal berakhir.
***
Tidak seperti pertandingan pertama, pelatih Widodo Cahyono Putro menurunkan komposisi terbaik di susunan starter Bali United. Dia hanya mengganti M. Taufiq dengan Kevin Brands untuk membentuk trisula gelandang serang bersama Irfan Bachdim dan Stefano Lilipaly. Sebagai konsekuensi, Nick van der Velden ditarik ke area jangkar dan berduet dengan Fadhil Sausu.
Di lini belakang, Widodo juga tidak mau mengambil risiko. Demerson Bruno Costa dan Ahn Byung-Gun berpasangan di jantung pertahanan. Adapun, Andhika Wijaya serta Ricky Fajrin beroperasi sebagai full-back.
ADVERTISEMENT
Dengan komposisi tersebut, Bali United mampu menguasai 61 persen permainan dan melepaskan 7 tembakan tepat sasaran berbanding 4 milik Global Cebu. Dominasi 'Serdadu Tridatu' bahkan membuahkan dua peluang dalam 10 menit pertama. Namun, tembakan Kevin Brands dan Irfan Bachdim masih melenceng dari sasaran.
Alih-alih membuka skor, Bali United malah kecolongan pada menit ke-12. Prosesnya diawali kesalahan penjaga gawang Wawan Hendrawan mengantisipasi umpan silang. Bola membentur mistar kemudian ditanduk oleh Curt Dizon untuk membawa Global Cebu unggul.
Merespons ketinggalan, pasukan Widodo kembali berupaya membongkar pertahanan rapat Global Cebu. Ada dua percobaan dari Bachdim, tetapi lagi-lagi gagal menggetarkan jala lawan. Skor 1-0 untuk tim tuan rumah pun menutup paruh pertama.
ADVERTISEMENT
Paruh kedua kembali diwarnai oleh dominasi Bali United. Peluang demi peluang juga tercipta melalui serangan mereka. Kali ini, kebanyakan ancaman berasal dari Ilija Spasojevic.
Pada menit ke-74, Spaso menyamakan kedudukan dengan tandukan ke pojok kiri bawah gawang. Gol terjadi berkat sepak pojok Fadhil Sausu.
Enam menit berselang, Spaso memiliki kesempatan untuk mengonfirmasi predikat protagonis Bali United. Dia maju sebagai eksekutor penalti setelah Lilipaly dilanggar di kotak terlarang, tetapi bola sepakannya masih mampu ditepis oleh kiper Patrick Deyto.
Sepuluh menit terakhir, gelombang ancaman Bali United belum surut. Masih ada dua kans dari Martinus Novianto, yang masuk sebagai pengganti Irfan Bachdim pada pertengahan babak kedua. Tak satu pun upaya penyerang 22 tahun itu membuahkan hasil.
ADVERTISEMENT
Dengan hasil akhir 1-1, Bali United bertengger di posisi ketiga tabel sementara Grup G dengan raihan satu poin dari dua laga. Sementara itu, Global Cebu turun ke dasar klasemen karena kalah head-to-head dari Bali United.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan