Pencarian populer

Thor Halldorsson: Mantan Sutradara yang Mampu Gagalkan Penalti Messi

Thor Halldorsson. (Foto: REUTERS/Kai Pfaffenbach)
Penjaga gawang Islandia, Hannes Thor Halldorsson, tengah menjadi buah bibir. Hal itu dikarenakan penampilan gemilangnya dalam pertandingan Argentina menghadapi Islandia di Grup D Piala Dunia 2018. Penjaga gawang berusia 34 tahun ini menjadi pemain terbaik dalam pertandingan yang berakhir imbang 1-1 itu.
ADVERTISEMENT
Total ada enam penyelamatan yang dilakukan oleh Halldorson dalam pertandingan yang dihelat di Spartak Stadium. Paling diingat, tentu penyelamatannya terhadap penalti yang dieksekusi oleh Lionel Messi.
Ya, pada menit ke-63 Argentina mendapat penalti. Maximiliano Meza dijatuhkan oleh Hordur Magnusson di kotak penalti Islandia. Tendangan Messi yang mengarah ke kanan gawang berhasil diantisipasi dengan mudah oleh Halldorsson.
Islandia selamat dari kekalahan dan mendapatkan poin perdana dalam debutnya di Piala Dunia. Halldorsson yang menjadi bintang pun mengaku senang. Penjaga gawang yang bermain untuk Randers FC ini mengatakan salah satu mimpinya telah menjadi nyata.
"Ini bagaikan mimpi yang menjadi kenyataan bagi saya, karena bisa menggagalkan penalti Messi. Semakin senang karena bisa membantu kami meraih poin yang bisa sangat penting untuk lolos dari fase grup," ujar Halldorsson dilansir situs resmi FIFA.
ADVERTISEMENT
Halldorsson memang sangat cekatan dalam mengantisipasi sepakan penalti dari Messi. Dirinya pun memberikan alasan, yang membuatnya berhasil menebak arah bola dengan mudah.
"Saya sering berlatih di rumah, saya juga sering menonton penalti dari Messi. Saya melihat-lihat lagi beberapa tendangan penalti yang pernah saya hadapi. Saya memiliki perasaan yang baik untuk bisa melakukan penyelamatan itu," tutup Halldorsson.
Well, sejatinya karir Halldorsson dalam kancah sepak bola profesional tak begitu mulus. Pada usia 20 tahun, Halldorsson pernah merasakan frustrasi dalam bermain sepak bola. Bahkan, dirinya ingin mengakhiri kisah sebagai pemain sepak bola lantaran tak ada klub profesional yang menginginkan jasanya.
Maka dari itu, Penjaga gawang nomor satu Islandia ini sempat menghabiskan sembilan tahun waktunya sebagai sutradara. Salah satu karya terbaik dari Halldorsson adalah video klip yang masuk dalam ajang kontes lagu Eropa.
ADVERTISEMENT
Halldorsson tepis penalti Messi. (Foto: REUTERS/Carl Recine)
Tapi, semangat yang gigih membuat Halldorsson kembali ke dunia sepak bola. Penjaga gawang kelahiran 27 April 1984 ini memulai debutnya bersama Timnas Islandia pada September 2011. Halldorsson memulai kiprahnya sebagai penjaga gawang Islandia dalam pertandingan babak kualifikasi Piala Eropa 2012 menghadapi Siprus.
Hingga saat ini, Halldorsson sudah tampil 50 kali bersama Islandia. Penjaga gawang bertinggi 194 sentimeter ini sudah kebobolan 52 gol dan berhasil 19 kali melakukan clean-sheet dalam kiprahnya bersama Timnas Islandia.
Menarik melihat kiprah Halldorsson selanjutnya bersama Islandia di Piala Dunia. Akankah ketangguhan Halldorsson terus berlanjut pada laga-laga berikutnya?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.85