Pencarian populer

Timnas Inggris Panggil 9 Pemain Spurs-Liverpool

Diskusi Harry Kane dan Gareth Southgate pada sesi latihan Tim Nasional Inggris. Foto: Reuters/Lee Smith

Sulit bagi pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate, menafikan awak Tottenham Hotspur dan Liverpool. Karena grafik kedua klub tersebut memang tengah menanjak dengan menembus final Liga Champions.

Oleh karenanya, Southgate menyediakan sembilan slot untuk pemain Spurs dan Liverpool di daftar skuat sementara menjelang semifinal UEFA Nations League. Timnas Inggris dijadwalkan menghadapi Belanda pada laga yang berlangsung di Estadio D. Afonso Henriques, Guimaraes, Jumat (7/6/2019) dini hari WIB.

Spurs mengirimkan enam nama atau menjadi klub dengan wakil terbanyak di skuat 'Tiga Singa'. Di antaranya Danny Rose, Kieran Trippier, Eric Dier, Dele Alli, Harry Winks, serta Harry Kane. Sementara dari kubu Liverpool, Southgate memanggil Joe Gomez, Trent Alexander-Arnold, dan Jordan Henderson.

Bagi Timnas Inggris, kehadiran sembilan pemain Spurs dan Liverpool bisa menghadirkan risiko besar. Pasalnya, laga puncak Liga Champions bakal berlangsung pada Minggu (2/6) dini hari WIB atau hanya lima hari menjelang semifinal UEFA Nations League.

Southgate dalam konferensi pers jelang laga Inggris vs Rep. Ceko. Foto: Reuters/John Sibley

Southgate bukannya melupakan jadwal yang berdekatan tersebut. Namun, dia membutuhkan semua opsi terbaik karena Timnas Inggris membidik gelar juara di turnamen antarnegara Benua Biru itu.

"Secara realistis, kami tak akan mendapatkan para pemain Spurs dan Liverpool sampai Selasa (waktu setempat) sebelum hari pertandingan," ucap Southgate sebagaimana dilansir oleh ESPN.

"Ini tentu bukan situasi mudah, tetapi perlu diingat bahwa kami memiliki skuat hebat dengan persaingan ketat," katanya.

Menimbang potensi kekelahan para pemain Spurs dan Liverpool, maka Southgate bersiap jika kehilangan beberapa dari mereka. Kebetulan, nama-nama yang dipanggil juga belum final. Southgate masih harus memangkas skuat menjadi 23 nama saja paling lambat pada Senin (27/5).

Dalam menentukan skuat final, Southgate bakal menggunakan aspek kebugaran sebagai salah satu penentu. Nah, menyoal faktor ini, sorotan tertuju kepada Harry Kane.

Pasalnya, Kane tak pernah merumput akibat cedera otot paha sejak 9 April lalu. Dalam proses pemulihan, dia harus berpacu dengan waktu agar mencapai kondisi terbaik di final Liga Champions

"Kane telah bekerja keras untuk bisa tampil di final iga Champions. Mari kita lihat perkembangan dia. Yang pasti, kami selalu ingin memberikan kesempatan kepada Kane," kata Southgate.

"Betapa impresif catatan golnya. Dia juga merupakan kapten tim. Maka, pintu akan selalu terbuka bagi Kane," ujarnya.

Selebrasi Harry Kane di akhir laga Ajax vs Tottenham. Foto: Reuters/Matthew Childs

Kalau Kane masih memiliki harapan untuk tampil di Final Liga Champions dan UEFA Nations League, beda cerita dengan Ruben Loftus-Cheek. Pemilik nama terakhir dipastikan absen untuk semifinal yang akan dilakoni Timnas Inggris karena problem tendon achilles.

Cedera itu menerpa Loftus-Cheek ketika melakoni laga amal antara Chelsea New England Revolution, Kamis (16/5). Dia terpaksa merampungkan laga secara prematur dan harus menjalani operasi pada hari yang sama.

Dikatakan Southgate, daftarnya sempat menghadirkan nama Loftus-Cheek. Namun, sang juru taktik langsung mencoret sang pemain begitu mendengar kabar cedera.

"Sampai Rabu malam, saya masih menyertakan nama Loftus-Cheek. Dia telah berkembang pesat beberapa bulan terakhir. Loftus-Cheek juga harus melewatkan final (Liga Europa) sehingga saya merasa kecewa," ucap Southgate.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.36