Pencarian populer
12 Desember 2017 12:29 WIB
..
..

13 Fakta Menarik Tentang Gingerbread

Gingerbread. (Foto: Instagram @corinanielsen dan @ new_norciabakery)

Selain pohon Natal, gingerbread atau kue jahe nampaknya menjadi salah satu unsur penting dalam perayaan hari suci umat Kristiani. Diperkirakan telah ada sejak ratusan tahun yang lalu, gingerbread selalu berubah bentuk seiring dengan perkembangan tren kuliner.

Meski begitu, bentuk gingerbread klasik masih banyak dijumpai di beberapa negara di dunia. Dan, jika menilik dari sejarahnya, gingerbread sendiri mulai populer di Eropa yang kemudian mempengaruhi negara lain, termasuk Asia untuk membuat kue serupa dalam merayakan perayaan hari Natal.

Aneka bentuk gingerbread. (Foto: Instagram @hnupice)

Mendekati hari Natal yang akan jatuh pada beberapa hari lagi, dekorasi gingerbread mulai ramai dijajakan di beberapa restoran hingga hotel bintang lima. Tak hanya itu saja, rupanya masih ada fakta-fakta menarik lainnya seputar gingerbread. Apa saja?

1. Awalnya, gingebread dihadirkan sebagai bentuk seremonial oleh orang-orang Mesir dan Yunani kuno. Setelah itu, gingerbread hadir di Eropa pada abad ke-11 saat rempah-rempah mulai dibawa ke benua ini.

2. Saat gingerbread populer di Eropa, bentuk awalnya hanya berupa malaikat dan santa.

Loading Instagram...

3. Kue gingerbread berbentuk orang pertama kali diciptakan oleh Ratu Elizabeth I. Selanjutnya, kreasi gingerbread pun kian populer, bahkan gingerbread sempat menjadi tanda cinta saat itu.

4. Saking populernya, gingerbread dijadikan sebuah cerita yang bertajuk 'you can't catch me, I'm the gingerbread man!' pada 1875. Cerita ini pun dimuat di sebuah majalah St. Nicholas asal Amerika.

5. Pada tahun 1500an, gingerbread digunakan sebagai pajangan. Adonan dicetak dengan cetakan kayu dan kemudian dipajang di sudut jendela rumah.

Loading Instagram...

6. Berdasarkan tradisi orang Swedia, kamu bisa meminta sebuah harapan dengan menggunakan gingerbread. Caranya adalah dengan meletakkan gingrbread di telapak tangan lalu panjatkan harapanmu saat itu juga. Kemudian, potong gingerbread dengan satu tangan. Jika gingerbread terbelah menjadi tiga bagian, artinya harapanmu akan terkabul.

7. Gingerbread berbentuk rumah pertama kali populer di Jerman. Melalui film Hansel and Gretel di abad ke-19, banyak orang yang tertarik dengan kue jahe berbentuk rumah ini.

8. Kue gingerbread berbentuk orang terbesar di dunia pernah dibuat pada tahun 2009. Bahkan, beratnya mencapai 650 kg.

9. Tanggal 5 Juni dan 21 November diperingati sebagai Hari Gingerbread Nasional.

Loading Instagram...

10. Gingerbread yang semakin populer membuat salah satu perusahaan stempel di Amerika membuat perangko bergambar gingerbread berbentuk rumah pada tahun 2013 lalu.

11. Ada sebuah miniatur kota yang terbuat dari gingerbread. Berada di Bergen, Norwegia, pameran miniatur ini umumnya dibuka pada bulan November hingga Desember saja.

12. Salah seorang dokter pernah menyarankan Raja Hans dari Swedia untuk mengobati depresinya dengan mengkonsumsi gingebread.

13. Diduga mulai populer di Jerman, salah satu kota di Jerman, Nürnberg dinobatkan sebagai 'Gingerbread Capital of the World'.

Infografis Gingerbread (Foto: Muhammad Faisal Nu'man/kumparan)
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: