Pencarian populer

5 Cara Lezat Menikmati Apel

Olahan apel (Foto: Shutterstock)

Kesegaran apel memang cocok disantap di tengah teriknya cuaca. Selain rasa manisnya yang membuat tenggorokan terasa lebih dingin, buah bertekstur renyah ini juga kaya vitamin C dan antioksidan yang ampuh meningkatkan kesehatan.

Apel biasanya sering disajikan dengan cara dipotong-potong atau diolah menjadi jus segar. Tapi bila kamu bosan dengan penyajian apel yang itu-itu saja, olah saja persediaan apel di rumah menjadi beragam kudapan yang tak kalah lezatnya.

Mulai dari kue legit hingga disajikan sebagai keripik renyah, berikut kumparanFOOD berikan lima cara lezat menikmati apel.

1. Selai apel menyegarkan

Olahan apel (Foto: Shutterstock)

Selai buah bisa menjadi pilihan tepat untuk meningkatkan rasa manis dan segar pada roti yang hambar. Biasanya selai bercita rasa buah terbuat dari aneka buah yang memiliki kandungan air tinggi, salah satunya apel.

Kombinasi rasa manis dan asam yang dihasilkan apel bisa membuat selai terasa lebih segar serta menambah tekstur renyah yang nikmat. Cara membuatnya juga praktis dan tak membutuhkan banyak bahan, lho.

Untuk membuat selai apel, kamu cukup menghaluskan beberapa buah apel lalu masak bersama gula pasir hingga mengental. Sebagai penambah rasa dan aroma, kamu juga bisa memasukkan beberapa macam rempah seperti kayu manis dan cengkih.

2. Apel berbalut karamel legit

Olahan apel (Foto: Shutterstock)

Karamel memang bisa menambah rasa legit nan lembut pada aneka kudapan. Selain digunakan sebagai topping dessert seperti kue atau es krim, karamel juga cocok disajikan bersama buah-buahan segar, tak terkecuali apel.

Disajikan dengan tampilan menyerupai permen lolipop, apel karamel yang terlihat menggiurkan ini cocok disuguhkan sebagai kudapan keluarga atau camilan sehat untuk anak. Bahkan bisa menjadi kudapan ringan saat mengadakan pesta kecil-kecilan, lho.

Cukup potong-potong apel segar lalu celupkan ke dalam lelehan karamel dari gula pasir, sedikit krim, dan air yang dimasak hingga mengental. Lalu sajikan bersama taburan meises warna-warni, kacang sangrai, atau marshmallow.

3. Keripik apel renyah

Olahan apel (Foto: Shutterstock)

Selama ini keripik identik dengan camilan ringan bercita rasa gurih. Tapi buah-buahan manis seperti apel juga bisa diolah menjadi keripik yang tak kalah menggugah selera.

Uniknya, berbeda dari keripik kentang atau singkong, keripik apel justru memiliki rasa yang manis. Jadi cocok disajikan dengan aneka taburan bercita rasa legit seperti gula bubuk atau bahkan cokelat leleh.

Tertarik membuatnya? Caranya iris tipis apel kemudian goreng dengan minyak banyak hingga apel berubah kering kecokelatan. Setelah itu, tiriskan hingga seluruh minyaknya benar-benar kering dan sajikan bersama taburan topping favorit.

4. Pie apel lembut

Olahan apel (Foto: Shutterstock)

Beberapa waktu belakangan, pie apel menjadi salah satu kudapan yang cukup populer di Tanah Air. Apalagi saat salah satu restoran cepat saji mulai menyajikan menu pie berisi potongan apel ini, popularitas kudapan khas Eropa ini pun semakin meningkat.

Bila malas mengantre hanya untuk mencicipi seporsi pie apel yang lembut, kamu juga bisa membuatnya di rumah. Caranya letakkan potongan apel segar ke atas kulit pie lalu panggang hingga matang. Agar hasilnya semakin lezat, sebelum dipanggang sebaiknya masak apel terlebih dahulu dengan sedikit gula, mentega, dan kayu manis hingga teksturnya sedikit lunak.

5. Apel goreng yang unik

Olahan apel (Foto: Shutterstock)

Bosan dengan kudapan apel yang itu-itu saja? Yuk, olah apel menjadi gorengan untuk teman minum teh.

Rasa apel yang agak asam akan membuat gorengan semakin segar disantap. Apalagi ditambah taburan gula putih halus, dijamin apel goreng akan membuat momen kumpul keluarga semakin hangat.

Tak jauh berbeda dari proses pembuatan pisang goreng, kamu hanya perlu melumuri potongan apel dengan adonan tepung serbaguna kemudian goreng hingga renyah dan berwarna kecokelatan. Agar hasilnya lebih maksimal, sebaiknya gunakan apel malang yang memiliki sedikit kandungan air.

Selamat mencoba!

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: