kumparan
15 Okt 2018 11:45 WIB

5 Makanan Khas Situbondo yang Wajib Kamu Coba

Ilustrasi Makanan Khas Situbondo. (Foto: Instagram/@rachellatanu dan @retno_thaharani)
Gempa bumi berkekuatan 6,4 magnitudo mengguncang Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, pada Kamis (11/10) dini hari kemarin. Menurut data yang dirilis Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), 3 orang meninggal dunia dan 4 orang luka-luka akibat gempa tersebut. Selain korban jiwa, sejumlah rumah dan fasilitas umum juga dilaporkan mengalami kerusakan.
ADVERTISEMENT
Mengulik kembali keunikan Situbondo, selain terkenal dengan pantai-pantainya yang keren, ternyata kabupaten yang berbatasan dengan Banyuwangi ini memiliki beragam kuliner khas, lho. Penasaran? Yuk, intip lima makanan khas Situbondo yang telah kumparanFOOD rangkum berikut ini:
1. Nasi Sodu
Loading Instagram...
Jika kamu berkunjung ke Situbondo, jangan lupa mencicipi makanan khas Situbondo yang satu ini. Makanan yang biasa dipanggil Nasi Sodu ini terdiri dari nasi dengan siraman kuah santan labu, ikan tongkol yang sudah dibakar, dan tambahan sambal cengi (sambal dengan potongan timun dan kecambah).
Menariknya, nama Nasi Sodu sendiri diambil dari cara penyajiannya yang menggunakan daun pisang sebagai piring dengan cara disodu dengan menggunakan sendok dari daun pisang juga. Karena makanan khas ini memiliki cita rasa yang cenderung manis, nah, rasanya akan semakin sedap jika kamu tambahkan sambal lagi.
ADVERTISEMENT
2. Tajin Palapa
Loading Instagram...
Tajin Palapa merupakan salah satu menu sarapan andalan orang Situbondo. Makanan ini terdiri dari bubur yang disajikan dengan bumbu kacang, toge, kangkung, dan bisa juga ditambahkan gorengan ote-ote yang dipotong kecil.
Sebenarnya, yang menjadikan makanan ini khas terletak pada bumbunya. Meski memiliki tampilan yang sama dengan bumbu pecel, tetapi bumbu yang digunakan Tajin Palapa ini lebih encer. Jika kamu berkesempatan mencicipi makanan khas Situbondo ini, jangan lupa santap bersama kerupuk warna-warninya, ya!
3. Istana Lele
Loading Instagram...
Jika kamu hendak menuju Bali melalui jalur Banyuwangi, jangan lupa berkunjung ke salah satu rumah makan yang beralamat di Jl. Raya Banguwangi, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo. Soalnya, rumah makan ini menyajikan hidangan berbahan dasar lele yang menggugah selera.
ADVERTISEMENT
Menurut sang pemilik, sebelum lele diolah, lele diletakkan ke dalam kolam selama dua hari dan tidak diberi makan. Teknik ini dipakai agar semua kotoran lele menghilang sebelum dimasak
Kelezatan lele yang dijual Istana Lele juga terletak dari teknik memasaknya. Semua lele di sini digoreng dan dibakar menggunakan bahan bakar kayu. Karena diolah menggunakan bahan bakar kayu, kematangannya pun sangat sempurna. Sedangkan untuk bumbunya, Istana Lele menggunakan perpaduan antara kunir, kemiri, dan juga lada.
4.Sate Lalak
Loading Instagram...
Bagi kamu pencinta hidangan sate, jangan lupa mencoba makanan khas Situbondo yang satu ini. Selain memiliki rasa yang khas, sate ini juga memiliki ukurang yang sedikit berbeda dengan sate pada umumnya.
Dalam bahasa Madura, lalak berarti lalat. Bukan berarti sate ini dari lalat ya, melainkan daging ayamnya dipotong-potong kecil menyerupai lalat. Meski memiliki ukuran yang lebih kecil, soal rasa jangan ditanya. Sate ini memiliki rasa gurih karena disiram dengan bumbu khas Situbondo. Agar semakin kenyang, santaplah sate ini dengan lontong atau nasi.
ADVERTISEMENT
5. Nasi Karak
Loading Instagram...
Berkunjung ke Situbondo memang belum lengkap jika kamu belum mencicipi makanan yang satu ini. Di Situbondo sendiri, makanan ini sangat populer dan terkenal kelezatannya. Sebenarnya, makanan ini tak jauh berbeda dengan nasi kucing yang ditawarkan di beberapa daerah. Hanya saja, makanan ini terdiri dari nasi yang diberi taburan parutan kelapa, dan diberi tambahan lauk pauk berupa tahu, tempe goreng, hingga ikan tongkol yang berbumbu.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·