kumparan
15 Agu 2019 20:02 WIB

5 Makanan yang Bisa Bikin Pipi Lebih Merona

Ilustrasi grapefruit Foto: Shutterstock
Pipi merona tentu jadi dambaan banyak perempuan. Semburat merah muda merona di pipi membuat penampilan terlihat semakin segar. Selain itu kulit wajah pun nampak lebih muda.
ADVERTISEMENT
Mengaplikasikan blush on di sekitar tulang pipi kerap dilakukan untuk mendapatkan rona pink alami di wajah. Selain menggunakan perona pipi, memperbanyak asupan kaya zat besi dan karotenoid juga bisa membuat pipi terlihat lebih merona.
Berdasarkan jurnal Beta-carotene in Dermatology: Does It Help? tahun 2008, makanan tinggi karoten bisa menurunkan sensitivitas kulit terhadap sinar matahari sekaligus membuat warna pipi lebih merona.
Karoten adalah antioksidan yang berfungsi sebagai pigmen pewarna merah dan kuning pada beberapa jenis buah dan sayur. Sementara itu, zat besi dapat meningkatkan produksi sel darah merah.
Ini dia lima makanan kaya karoten dan zat besi yang bisa membuat pipi terlihat lebih merona. Apa saja?
1. Tomat
Tomat Foto: Pixabay
Kandungan vitamin C yang bersifat antioksidan dalam tomat berfungsi mencegah kerusakan sel kulit wajah akibat paparan polusi dan sinar matahari.
ADVERTISEMENT
Menurut jurnal An Update on The Health Effects of Tomato Lycopene tahun 2013, tomat juga mengandung lycopene, salah satu jenis karoten yang dapat yang bisa masuk hingga ke bawah lapisan kulit wajah.
Tak hanya membuat kulit wajah merona, rutin menyantap tomat juga bisa mengurangi garis hitam pada bibir.
2. Stroberi
Buah Stroberi Foto: Pixabay
Sama seperti tomat, memperbanyak konsumsi stroberi bisa jadi cara agar wajah dan bibir nampak lebih segar merona. Berdasarkan jurnal yang diterbitkan ScienceDirect tahun 2004, stroberi tinggi kandungan anthocyanins yang bertanggungjawab menghasilkan warna merah pada buah berbiji kecil ini.
Selain itu, kandungan di dalam stroberi dapat melancarkan sirkulasi darah sehingga kulit terlihat segar. Ditambah kandungan vitamin C yang bisa memenuhi kebutuhan harian hingga 150 persen, konsumsi stroberi bisa membuat wajah lebih merona sekaligus menjaganya tetap lembap dan segar.
ADVERTISEMENT
3. Bayam
smoothie bayam Foto: Shuttestock
Berdasarkan data nutrisi dari US Department of Agriculture, 100 gram bayam matang bisa bisa menambah asupan zat besi sebanyak 20 persen. Bayam juga mengandung 17,6 mg vitamin C yang berfungsi menghalau masalah kulit seperti kusam, kering, dan jerawat.
Mineral zat besi memiliki peranan penting meningkatkan produksi sel darah merah. Konsumsi bayam juga dapat meningkatkan penyerapan karoten, sehingga kulit lebih merona dan terlihat sehat.
4. Daging sapi
Ilustrasi Daging Sapi Foto: Shutterstock/Stciel
Setiap 100 gram daging merah mengandung 2,7 mg zat besi yang bisa memenuhi sekitar 15 persen kebutuhan harian. Nah, asupan zat besi inilah yang berfungsi melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh, tak terkecuali ke lapisan kulit.
Tak hanya berguna mempercantik warna kulit, berdasarkan jurnal dari PubMed tahun 2016, asupan zat besi yang tercukupi dapat menurunkan risiko anemia. Penyakit kekurangan darah ini selain membuat badan cepat lelah, juga membuat warna kulit memucat.
ADVERTISEMENT
5. Grapefruit
Ilustrasi grapefruit Foto: Shutterstock
Grapefruit bisa jadi camilan tepat bila ingin mendapatkan rona pipi merah muda alami. Dilansir dari USDA, menyantap setengah buah grapefruit dapat memenuhi 64 persen kebutuhan vitamin C dan 28 persen vitamin A.
Nah, di dalam vitamin A terdapat karoten penghasil warna oranye yang dapat mencerahkan kulit wajah bila dikonsumsi secara teratur. Selain itu, kandungan air yang mencapai 88 persen pada grapefruit juga bisa memelihara kelembapan sekaligus menjaga kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan