Pencarian populer

5 Minuman Detoks yang Bermanfaat Keluarkan Racun Tubuh

Jus seledri. Foto: Dok. Shutterstock
Aktivitas di luar ruangan hingga pola makan sembarangan membuat tubuh rentan kemasukan racun dan zat-zat berbahaya. Tak hanya merugikan kesehatan, racun yang mengendap juga membuat nutrisi jadi sulit terserap tubuh.
ADVERTISEMENT
Tapi racun yang mengendap di dalam tubuh ternyata bisa dihilangkan dengan beberapa metode. Salah satunya detoksifikasi dengan mengkonsumsi minuman dari buah atau sayuran.
Selain mudah dan murah, metode detoks ini juga kaya manfaat. Sebab, buah dan sayur merupakan bahan makanan padat gizi yang tentu saja berguna bagi kesehatan dan kebugaran.
Bagi kamu yang ingin tetap bugar di tengah aktivitas harian yang padat, berikut lima minuman yang bermanfaat mengeluarkan racun dalam tubuh.
1. Jus mengkudu
buah mengkudu Foto: Pixabay
Meminum jus mengkudu secara teratur bisa menjadi pilihan untuk menjaga kebugaran tubuh. Meski rasanya getir dan langu, kandungan vitamin C di dalam 100 gram mengkudu mencapai 30 persen, lho.
Vitamin C inilah yang berfungsi menangkal kerusakan sel dan membuang racun yang mengendap di dalam tubuh. Bahkan, berdasarkan penelitian dari Free Radical Research Group University of Athens tahun 2009 lalu, jus mengkudu bisa menurunkan dampak negatif dari paparan asap rokok hingga sebesar 40 persen.
ADVERTISEMENT
2. Air lemon
air lemon Foto: Shutterstock
Lemon merupakan buah andalan untuk membuat infuse water yang dikenal sebagai minuman detoks. Bukan tanpa alasan, buah bercita rasa asam ini memang dikenal sebagai sumber vitamin C.
Menurut United States Department Agriculture, jus lemon mengandung sekitar 18 miligram vitamin C yang bisa memenuhi lebih dari 20 persen kebutuhan harian. Selain membuang racun di dalam tubuh, lemon juga bisa menjadi booster untuk meningkatkan imunitas.
3. Jus seledri
Jus seledri. Foto: Dok. Vashtie
Beberapa waktu belakangan, seledri mulai populer diolah menjadi jus untuk detoks. Penelitian dari Molecular Biology and Lung Cancer Program, Lovelace Respiratory Research Institute di Amerika membuktikan bahwa, kandungan antioksidan seperti flavonoid, phthalides, luteolin, dan polycetylenes efektif menangkal radikal bebas penyebab kanker.
ADVERTISEMENT
Tak hanya itu, antioksidan juga berfungsi untuk memaksimalkan kerja hati. Seperti yang kita ketahui, hati merupakan salah satu organ vital yang berfungsi membuang racun dan membersihkan darah dari zat berbahaya di dalam tubuh.
4. Jus delima
Buah Delima. Foto: Pixabay
Dikenal juga dengan nama pomegranate, buah ini juga bisa menjadi pilihan untuk membuang racun di tubuh kita. Menurut jurnal dari Universitas California yang dikeluarkan National Center for Biotechnology Information (NCBI) tahun 2000, kadar punicalagins dan asam punicic yang berperan sebagai antioksidan bahkan tiga kali lebih tinggi dibandingkan teh hijau.
Kandungan antioksidan yang tinggi ini dipercaya dapat menangkal racun penyebab berbagai penyakit kronis. Mulai dari menurunkan risiko gangguan jantung, diabetes, hingga alzheimer pada usia lanjut.
ADVERTISEMENT
5. Kombucha
Kombucha Mojitos ala Yoesi Ariyani Foto: Mela Nurhidayati/kumoaran
Kombucha kini tengah ramai diperbincangkan oleh pegiat hidup sehat karena dipercaya dapat meningkatkan kesehatan bahkan menyembuhkan beberapa gangguan kesehatan. Mulai dari meningkatkan kekebalan, mengurang risiko penyakit jantung, hingga berperan sebagai minuman detoks.
"Kombucha tea mengandung zat antioksidan dan antiinflamasi (antiradang) dari kelompok polifenol dan asam glukuronat. Juga mengandung beberapa vitamin (B dan C) dan mineral,” jelas Ahmad Syafiq, Ketua Pusat Kajian Gizi dan Kesehatan Universitas Indonesia kepada kumparan.
Proses pengolahan dengan cara difermentasi juga membuat minuman ini kaya akan probiotik atau bakteri baik. Bakteri baik di dalam kombucha diketahui dapat menangkal serangan bakteri jahat penyebab gangguan pencernaan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86